Daftar Tempat Wisata di Sleman – Sebagai bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta, Sleman menawarkan wisata alam dengan pemandangan yang memukau. Keindahan alamnya menarik banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri untuk berkunjung.

Di Sleman, pengunjung juga dapat melakukan aktivitas seru seperti menikmati keindahan alam di lereng Gunung Merapi, mencicipi kuliner lokal, atau bahkan berkemah di pinggiran sungai. Selengkapnya simak daftar wisata di Sleman berikut ini:

12 Daftar Tempat Wisata di Sleman

Candi Prambanan

Pertama, salah satu destinasi yang paling terkenal di Sleman adalah Candi Prambanan. Candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang merupakan peninggalan wangsa Sailendra dan telah berusia lebih dari 1.000 tahun.

Meskipun usianya telah tua, keindahan Candi Prambanan tetap memukau dan menawan. Pengunjung bebas untuk mengambil foto dan menikmati panorama yang luar biasa dari candi ini. Ketenaran Candi Prambanan juga diperkuat dengan cerita rakyat tentang Roro Jonggrang, sehingga banyak wisatawan yang datang tertarik untuk melihat secara langsung bentuk candi yang terkait dalam cerita tersebut.

Tebing Breksi

Selanjutnya ada Tebing Breksi, merupakan area bekas tambang yang berhenti beroperasi pada tahun 2014 dan kemudian diubah menjadi objek wisata. Di sini, pengunjung dapat melihat perbukitan batuan breksi dengan pola yang unik. Batuan breksi ini terbentuk dari aktivitas vulkanis Gunung Api Purba Nglanggeran. Pengunjung dapat mengambil foto dengan latar belakang batuan tebing yang menarik ini. Lokasinya berada di Desa Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, dan untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 10.000.

Baca juga:  10 Daftar Tempat Wisata Populer di Kebumen 

Tebing Breksi adalah contoh bagus dari bagaimana bekas tambang dapat diubah menjadi destinasi wisata yang menarik, menawarkan pengalaman yang edukatif sekaligus memukau bagi pengunjungnya.

Candi Ijo

Tidak jauh dari Tebing Breksi, terdapat Candi Ijo, yang merupakan candi tertinggi di Yogyakarta. Letaknya yang berada di ketinggian menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Sleman untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Candi Ijo memiliki tiga bangunan candi yang artistik dan menjadi spot foto favorit bagi banyak wisatawan. Dengan latar belakang kota Yogyakarta yang memukau saa

The Lost World Castle

Selanjutnya The Lost World Castle, merupakan destinasi wisata yang sangat diminati oleh para pengunjung. Konsep bangunan kastel yang menghadirkan nuansa dongeng dipadukan dengan latar belakang panorama Gunung Merapi menjadikannya sangat menarik. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai spot foto yang mengingatkan pada suasana luar negeri, seperti Tembok China, kapal bajak laut, rumah pohon, dan lain sebagainya.

Tiket masuk ke The Lost World Castle dibanderol seharga Rp 30.000 per orang, dan lokasinya terletak di Jalan Petung Merapi, Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Ledok Sambi

Ledok Sambi adalah salah satu tujuan wisata yang terletak di Kabupaten Sleman. Di sini, pengunjung dapat menikmati piknik di tengah hamparan rerumputan hijau yang luas sambil menikmati udara segar kawasan tersebut. Lokasinya yang berada di pinggiran sungai juga memungkinkan pengunjung untuk bermain air bersama, karena sungainya memiliki arus yang kecil dan dangkal sehingga aman.

Selain itu, pengunjung juga dapat menyewa tenda untuk berkemah di Ledok Sambi, menciptakan pengalaman romantis yang menyenangkan bagi pasangan saat liburan di Yogyakarta, khususnya di Kabupaten Sleman. Ledok Sambi terletak di Desa Wisata Sambi, tepatnya di Jalan Kaliurang KM 19, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Populer di Bali Wajib di Kunjungi

Museum Ullen Sentalu

Di Sleman, selain candi dan obyek wisata alamnya, terdapat Museum Ullen Sentalu yang sangat menarik untuk dikunjungi. Museum ini mengoleksi berbagai artefak bersejarah dari keluarga bangsawan Kerajaan Mataram hingga masa kini, termasuk gamelan, batik, patung, dan banyak peninggalan lainnya.

Arsitektur unik dari museum ini juga menambahkan nilai tambah saat mengunjungi destinasi wisata terdekat di Sleman.

Museum Affandi

Museum ini didedikasikan untuk memperingati karya seniman lukis Indonesia terkenal, Affandi, sesuai dengan namanya. Selain koleksi lukisan khasnya, museum ini juga mengundang pengunjung untuk memahami sosok Affandi secara lebih mendalam.

Di dalam museum ini, Anda dapat menemukan berbagai barang pribadi milik Affandi, mulai dari mobil kesayangannya hingga sandal jepit yang sering dipakainya.

Obelix Village

Obelix Village merupakan destinasi wisata keluarga bertema pedesaan yang baru saja dibuka sejak 15 Oktober 2022. Tempat ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap seperti restoran, kolam ikan, mini zoo, taman bunga, fasilitas berkuda, dan river deck untuk berfoto di tepi sungai. Serta beragam fasilitas lainnya. Untuk masuk ke Obelix Village, pengunjung perlu membayar tiket seharga Rp 20.000 per orang. Meskipun belum termasuk akses ke wahana berbayar di dalamnya.

Obelix Village terletak di Krandon, Pandowoharjo, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman. Dan menjadi pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dalam suasana pedesaan yang nyaman dan menyenangkan.

Agrowisata Bhumi Merapi

Agrowisata Bhumi Merapi adalah destinasi wisata edukasi yang terletak di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Jalan Kaliurang Km 20, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Tempat ini menawarkan pengalaman belajar budidaya hewan bagi anak-anak yang berkunjung, mulai dari memberi makan kelinci, menyentuh ular, hingga berinteraksi dengan kura-kura dan memberi susu ke kambing.

Baca juga:  11 Daftar Tempat Wisata di Purworejo 

Selain kegiatan budidaya hewan, Agrowisata Bhumi Merapi juga menawarkan pengalaman unik dengan replikasi ikon dari berbagai negara seperti Santorini, Yunani, yang tersebar di area wisata Langlang Buana.

Museum Sisa Hartaku

Di museum ini, Anda dapat melihat sisa-sisa dari letusan dahsyat Gunung Merapi. Barang-barang milik warga yang menjadi korban di pamerkan dalam berbagai kondisi yang menggambarkan kejadian tersebut.

Melalui kunjungan ke museum ini, Anda dapat belajar serta membayangkan secara langsung kengerian erupsi Gunung Merapi pada saat itu. Tempat ini menawarkan pengalaman unik dan menarik sebagai destinasi wisata di Yogyakarta.

Lava tour Merapi

Di kawasan Merapi, terutama di Kaliurang, tour jeep sangat terkenal. Menggunakan jeep jadul, pengunjung diajak untuk menjelajahi sisa-sisa letusan dahsyat Gunung Merapi.

Lava tour Merapi ini merupakan pilihan yang ideal bagi mereka yang menyukai petualangan. Melewati jalur lava yang sudah mengering menantang dan memberikan pengalaman unik bagi para pengunjung. Ada berbagai pilihan paket tour yang dapat di pilih, tergantung pada tempat-tempat yang ingin di kunjungi dengan durasi perjalanan sekitar 2 jam.

Jogja Bay

Tempat ini menghadirkan berbagai wahana air seru yang cocok untuk di nikmati bersama keluarga. Terdapat lebih dari 8 jenis wahana permainan air yang tersedia, yang bisa di nikmati oleh pengunjung dari segala usia.

Di Jogja Bay, Anda bisa menikmati kolam ombak, kolam arus, serta seluncuran air tercepat, terpanjang, dan paling ekstrem. Area khusus untuk anak-anak dan keluarga telah di sediakan untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan dalam bermain.

Demikian artikel mengenai 12 Daftar Tempat Wisata di Sleman. Berbagai tempat wisata di Sleman yang telah di sebutkan di atas dapat menjadi pilihan menarik. Bagi mereka yang ingin menghabiskan waktu bersama teman, keluarga, dan seseorang terkasih.