Candi Ijo Jogja – Jogja merupakan salah satu provinsi yang memiliki banyak candi sebagai destinasi wisata, seperti Candi Prambanan, Candi Sambisari, Candi Ratu Boko, Candi Plaosan, dan Candi Kalasan. Selain deretan candi tersebut, terdapat pula Candi Ijo yang terletak di perbukitan dengan pemandangan alam yang indah.

Candi Ijo merupakan bangunan bersejarah peninggalan kerajaan Mataram Kuno yang berada di puncak bukit, menjadikannya candi dengan lokasi tertinggi di Jogja. Keunikan letaknya yang berada di perbukitan, menambah daya tarik wisatawan untuk menikmati alamnya yang indah.

Mengenal Candi Ijo

Candi Ijo terletak di lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian dari perbukitan Batur Agung, sekitar 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko. Di bawah lereng ini terdapat wisata Tebing Breksi Jogja, bekas pertambangan batu alam. Candi ini berada di ketinggian rata-rata 425 meter di atas permukaan laut dan dinamakan “Ijo” karena berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo.

Kompleks percandian Candi Ijo menghadap ke barat, menawarkan panorama indah berupa persawahan dan pemandangan Bandara Adisucipto serta Pantai Parangtritis. Adapun empat kompleks candi berdiri memiliki luas sekitar 0,8 hektare, namun diduga kuat bahwa kompleks percandian Ijo sebenarnya lebih luas, menjulur ke barat dan utara. C

Candi Ijo merunut sejarah dibangun di punggungan bukit yang disebut Gumuk atau Bukit Ijo, nama yang disebut dalam prasasti Poh tahun 906 Masehi berbahasa Jawa Kuno. Secara keseluruhan, kompleks ini terdiri dari teras-teras berundak, dengan bagian terbawah di sisi barat dan bagian tertinggi di sisi timur, sesuai dengan kontur bukit. Kompleks utama terletak di ujung timur, sementara di bagian barat terdapat reruntuhan bangunan candi yang masih dalam proses ekskavasi. Setelah melewati kebun kecil, terdapat teras yang lebih tinggi dengan reruntuhan yang diperkirakan sebagai candi-candi pemujaan kecil (candi perwara), salah satunya telah dipugar pada tahun 2013.

Baca juga:  Hutan Pinus Mangunan : Pesona Alam Yogyakarta yang Memikat

Lokasi dan Jam Buka Candi Ijo

Candi Ijo terletak di Jalan Candi Ijo, Nglengkong, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi candi ini sangat strategis dan mudah ditemukan dengan bantuan peta. Wisatawan yang mengunjungi Candi Ijo juga dapat menikmati objek wisata lain di sekitarnya, seperti Tebing Breksi.

Secara geografis, Candi Ijo berada pada koordinat -7.78395 110.51232. Terletak di perbukitan Baturagung, candi ini berada dalam satu area perbukitan dengan Candi Barong dan Ratu Boko. Bangunan utama Candi Ijo menghadap ke arah barat.

Candi Ijo beroperasi dari Senin hingga Kamis pada pukul 08.00 hingga 15.00 WIB, dan pada hari Jumat dari pukul 08.00 hingga 11.0Koordinat dan Geografi.

Daya Tarik Candi Ijo Jogja

Berikut beberapa daya tarik yang membuat Cando Ijo ramai di kunjungi:

Pemandangan Alam yang Indah

Pertama, Candi Ijo menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dari ketinggian 425 meter di atas permukaan laut. Wisatawan dapat menikmati panorama persawahan, Bandara Adisucipto, hingga Pantai Parangtritis yang terlihat jelas dari kompleks candi.

Dekat Tebing Breksi

Selanjutnya terletak di lereng barat perbukitan Batur Agung, Candi Ijo mudah di akses dan dekat dengan objek wisata lain seperti Tebing Breksi Jogja. Hal ini memudahkan wisatawan untuk mengunjungi beberapa tempat menarik dalam satu perjalanan.

Baca juga : 12 Daftar Tempat Wisata di Sleman 

Kompleks Percandian yang Luas

Dataran utama Candi Ijo memiliki luas sekitar 0,8 hektare, dengan dugaan bahwa kompleksnya jauh lebih besar. Penemuan artefak di sekitarnya menunjukkan adanya candi-candi lain yang tersebar, menambah daya tarik sejarah dan arkeologi tempat ini.

Warisan Sejarah Kuno

Candi Ijo merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan di sebut dalam prasasti Poh berangka tahun 906 Masehi. Wisatawan dapat menyaksikan bangunan bersejarah dan mempelajari kisah masa lalu yang menarik dari prasasti-prasasti kuno ini.

Baca juga:  Bukit Wisata Pulepayung: Menyelami Keindahan Bukit Kulon Progo

Ekskavasi dan Pemugaran

Proses ekskavasi dan pemugaran yang terus berlangsung menambah daya tarik Candi Ijo. Wisatawan dapat melihat langsung bagaimana reruntuhan candi ditemukan dan dipugar, serta menyaksikan proses arkeologi yang hidup di lokasi tersebut.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata ke Candi Ijo. Selamat menikmati liburan Anda!