Ledok Sambi – Ledok Sambi adalah pilihan ideal bagi Anda yang mencari tempat piknik atau berkemah di pinggir sungai. Terletak di sebuah lembah yang asri, Ledok Sambi menawarkan suasana alam yang tenang dan segar.

Sebagai objek wisata yang relatif baru, Ledok Sambi cepat menarik minat wisatawan berkat panorama alamnya yang masih alami. Lokasinya juga strategis, hanya beberapa puluh meter dari Desa Wisata Sambi. Terletak di Jalan Kaliurang KM 19, Pakem, Kabupaten Sleman, DIY, Anda bisa memulai perjalanan dari Alun-alun Sleman atau Taman Denggung di Tridadi, Kecamatan Sleman.

Tiket Masuk Ledok Sambi

Di Ledok Sambi, pengunjung dapat menikmati objek wisata ini tanpa dikenakan tiket masuk alias gratis. Mereka hanya perlu membayar untuk makanan dan minuman yang mereka beli. Untuk yang ingin berkemah, tersedia opsi sewa camp site dan tenda dengan biaya tersendiri.

Harga makanan di tempat ini berkisar mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp19.000,00, sedangkan untuk minuman berkisar mulai dari Rp8.000,00 hingga Rp15.000,00. Sewa tenda di area ini adalah Rp150.000,00 per malam. Perlu diingat bahwa kemungkinan ada perubahan tarif masuk di masa depan seiring dengan perkembangan objek wisata ini, namun tarif yang berlaku saat ini masih tergolong terjangkau.

Jam Buka Ledok Sambi

Tempat ini buka setiap hari dari Senin hingga Minggu, dimulai dari pukul 9 pagi hingga 4.30 sore WIB. Pengunjung dapat masuk secara gratis, namun tersedia kotak sumbangan untuk mereka yang ingin memberikan donasi sukarela.

Baca juga:  Taman Sari : Istana Air di Tengah Kota Yogyakarta

Rute Menuju Ledok Sambi

Objek wisata ini berada di Desa Sambi, Jalan Kaliurang KM 19, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY, dengan jarak sekitar 15,4 KM dari pusat Kota Jogja.

Menggunakan mobil, perjalanan biasanya memakan waktu sekitar 30-50 menit.

Perhatikan berikut adalah rute menuju Ledok Sambi dari Taman Denggung:

1. Mulai di Taman Denggung

Lokasi: Sebelah pusat perbelanjaan Sleman City Hall.

2. Menuju Jalan Magelang-Yogyakarta

Berjalan lurus melewati Rajawali Mart di sisi kiri jalan dan UD Artomoro Motor. Tiba di perempatan, belok kanan menuju Jalan Pendowoharjo. Melewati Apotek Mitra Sejahtera Sleman dan Lapangan Pandowoharjo. Terus lurus hingga melewati Masjid Darussalam Kleben, Gereja Santo Venantius, dan Warung Bakso Dan Mie Ayam Bodronoyo Wonogiri.

3. Mengikuti Jalan Desa Wisata Gabugan, Jabung, Pandowoharjo.

Lurus hingga melewati mushala di sisi kiri jalan, kemudian tiba di perempatan. Ambil belokan kanan menuju Jalan Pramuka dan Jalan Balong-Degolan.

4. Melewati perempatan pertama dan kedua

Tetap lurus hingga menemui perempatan pertama dan kedua, lalu belok kiri melewati Apotek Balong.

5. Menuju Jalan Jogja-Turi

Terus lurus melewati Lapangan Pawon Sari di sisi kanan jalan. Melewati dua perempatan, sampai di pertigaan besar dan belok kanan ke Jalan Raya Turi. Melewati Jembatan Pulowatu, Warung Makan Lumintu, SPBU, dan MTS Yapi Pakem. Lurus hingga melewati warung SRC di sisi kiri jalan, tiba di pecahan jalan dan belok kiri menuju Jalan Kaliurang.

Baca juga : 12 Daftar Tempat Wisata di Sleman 

6. Menuju Jalan Kaliurang

Melewati Apotek Binangun, Polsek Pakem, dan SMPN 1 Pakem. Lurus melewati SMAN 1 Pakem dan Balai Desa Pakembinangun, kemudian jalan berliku melewati GKJ Pakem di sisi kanan jalan. Melewati Bale Bale Resort dan Wisma Benkra. Lurus melewati Bale Bale Resort dan Wisma Benkra.

Baca juga:  Hutan Pinus Pengger: Pesona Hutan Pinus yang Indah

Tiba di pertigaan, belok kanan dan lanjutkan jalan berkelok.

7. Menggunakan peta dari Wisma Benkra

Set lokasinya di Wisma Benkra dan tujuan ke Ledok Sambi. Jaraknya 650 meter dengan waktu tempuh sekitar tiga menit.

Ikuti jalur ini menggunakan peta untuk memudahkan perjalanan dan sampai ke Ledok Sambi dengan aman.