HEPPITRIP.COMPantai Parang Dowo menyuguhkan view laguna yang luas dan perairan yang bersih serta jernih, menjadikannya tempat wisata favorit untuk berbagai aktivitas. Seperti bermain air, bermain pasir, dan berenang. Yang datang kesini dapat duduk santai, healing di atas pasir halus sambil menikmati suasana pantai.

Tempat wisata indah di Malang ini terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jika mengambil jarak dari Alun-alun Kota Malang adalah sekitar 62-66 kilometer, dan waktu tempuh perjalanan dengan berkendara adalah sekitar 2 jam 15 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Parang Dowo

Harga tiket masuk pantai ini sangat terjangkau, yaitu Rp 15.000. Selain tiket masuk, Anda perlu membayar parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Bagi yang ingin menginap disekitarnya, tarif mulai dari Rp 250.000. Dengan biaya yang cukup murah, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas dan pengalaman yang ditawarkan pantai ini.

Jam Buka Pantai Parang Dowo

Pantai ini buka setiap hari, dari Senin hingga Minggu, selama 24 jam penuh. Ini berarti Anda bisa mengunjungi pantai ini kapan saja, sesuai keinginan.

Jika Anda berencana untuk camping, waktu terbaiknya adalah menjelang sore hari sebelum matahari terbenam. Dalam waktu itu, Anda dapat mendirikan tenda dan menikmati pemandangan sunset dengan view di pantai ini.

Fasilitas di Pantai Parang Dowo

Selanjutnya fasilitas di Pantai Parang Dowo yang cukup lengkap, yaitu:

  • Area parkir untuk motor dan mobil
  • Gazebo atau tempat duduk santai
  • Mushola
  • Toilet
  • Area berkemah
  • Penginapan
Baca juga:  Gereja Tua Puhsarang, Berikut Keunikan Arsitektur Klasik Megah

Daya Tarik Wisata Pantai Parang Dowo

Pantai Parang Dowo

Di Pantai ini, wisatawan dapat mencoba berbagai hal, yang paling berkesan tentu hunting foto di spot-spot Instagramable, yang berlatar pantai dan batu karang. Salah satu tempat favorit untuk berfoto adalah di tepi jalan beraspal yang menghadap pantai.

Saat laut pasang, deburan ombak tinggi bisa melampaui karang, mengisi area cekung di belakang karang dengan air laut. Laguna ini dapat menjadi area Anda dan keluarga untuk bermain air atau berfoto dengan latar belakang yang indah.

Pantai Parang Dowo

Selanjutnya di Pantai Parang Dowo, uniknya batu karang dapat berubah warna sesuai musim; saat musim penghujan, batu tersebut tampak kehijauan, sedangkan pada musim kemarau, warnanya menjadi kekuningan. Ketika air laut surut, beberapa kolam kecil alami akan muncul di celah batu karang, mirip dengan jacuzzi. Tak ketinggalan wisatawan yang datang sering memanfaatkan tempat ini untuk berfoto atau berendam sambil menikmati pemandangan laut yang menawan.

Untuk menikmati pemandangan pantai dari sudut yang berbeda, Anda bisa naik ke atas tebing dan menikmati panorama pantai yang menakjubkan. Pemandangan matahari terbenam dari tebing juga sangat indah dan patut Anda coba explore.

Sebenarnya Anda dapat menginap di penginapan sekitarnya, tapi Anda juga bisa membawa perlengkapan kemah sendiri dan mendirikan tenda di sekitar pantai. Berkemah di pantai ini menjadi salah satu daya tarik utama berwisata dengan menikmati suara deburan ombak yang menenangkan di malam hari.

Untuk memastikan liburanmu berjalan lancar dan aman, ada beberapa anjuran dan larangan yang perlu diperhatikan. Pengunjung disarankan tidak berenang terlalu jauh, apalagi ketika ombak ganas. Sebagai alternatif, Anda bisa berendam di cekungan air di karang dengan hati-hati karena karang bisa licin dan ombak bisa datang tiba-tiba. Anak-anak dapat bermain di area laguna yang aman dari ombak. Pastikan juga untuk membawa perlengkapan camping sendiri dan menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya.

Baca juga:  Masjid Tiban Malang: Tempat Ibadah Penuh Sejarah

Nah, setelah menikmati waktu di Pantai Parang Dowo, Anda dapat melanjutkan eksplorasi ke pantai-pantai terdekat lainnya, seperti Pantai Telok, Pantai Jelangkung, dan Pantai Kangen.