Spesifikasi Toyota Hiace Commuter – Toyota Hiace Commuter adalah kendaraan serbaguna yang sangat populer di pasar otomotif global. Dikenal karena kenyamanan dan daya tahan yang tinggi, Hiace Commuter telah menjadi pilihan favorit untuk berbagai kebutuhan transportasi. Mulai dari angkutan penumpang hingga penggunaan komersial.

Dengan desain yang luas dan fleksibel, kendaraan ini dapat menampung hingga 15 penumpang dengan nyaman. Menjadikannya pilihan ideal untuk keluarga besar atau perusahaan transportasi. Selain itu, Toyota Hiace Commuter dilengkapi dengan beragam fitur keamanan dan kenyamanan. Hal ini membuat pengalaman berkendara menjadi lebih menyenangkan dan aman bagi semua penumpang.

Spesifikasi Toyota Hiace Commuter

Toyota Hiace yang hadir di Indonesia memberikan alternatif bagi konsumen yang membutuhkan mobil van dengan kapasitas penumpang yang besar. Selain itu, penggemar setia mobil ini juga merasakan nostalgia terhadap kendaraan yang telah menjadi ikon di Indonesia. Dengan reputasi kehandalan yang sudah terbukti, mobil ini menjadi favorit di kalangan konsumen dan pengusaha di Indonesia berkat kenyamanan dan kemewahannya.

Mesin

Toyota juga di lengkapi dengan mesin 4 silinder 16 katup, tipe DHC dengan teknologi D-4D yang memiliki kapasitas kubikasi mencapai 2.494 cc (2.5 liter). Hal ini menjamin bahwa mesin Toyota HiAce memiliki tenaga yang kuat dan handal di kelasnya.

Menariknya, tenaga yang di hasilkan oleh mesin tersebut akan di salurkan melalui transmisi manual 5 percepatan, memungkinkan mobil komersial Toyota Hiace untuk menghasilkan tenaga maksimal hingga 102 Ps pada putaran 3.600 rpm. Selain itu, torsi maksimum mencapai 26.5 Kgm pada putaran antara 1.600 rpm hingga 2.400 rpm.

Baca juga:  Toyota Hiace Commuter, Kelebihan dan Kekurangan Mobil Ini

Selain itu, mobil komersial berbahan bakar diesel ini juga di lengkapi dengan tangki bahan bakar berkapasitas besar, mencapai 70 liter. Hal ini memastikan bahwa Toyota HiAce memiliki cukup bekal untuk perjalanan jauh tanpa perlu sering mengisi bahan bakar di stasiun pengisian BBM.

Dengan keunggulan ini, sektor mesin menjadi salah satu keunggulan utama dari spesifikasi Toyota HiAce Commuter dalam persaingan dengan kompetitornya. Desain Toyota HiAce generasi kelima ini menonjol sebagai mobil komersial dengan dimensi besar dan gagah, memberikan ruang kabin yang luas bagi penumpang.

Dimensi

Toyota Hiace Commuter menawarkan ruang yang luas dan lebar dengan dimensi yang mengesankan. Dengan panjang 5,380 meter, lebar 1,88 meter, dan tinggi 2,285 meter, serta jarak sumbu roda (wheelbase) 3110 mm. Mobil ini memiliki bobot kosong sebesar 2.070 kg dan radius hingga 6,2 meter.

Dengan ukuran dan bobot yang besar seperti itu, Toyota Hiace terlihat lebih lapang dan lega di dalam kabinnya, menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan stabil. Meskipun memiliki bobot yang berat, Toyota HiAce dilengkapi dengan struktur kaki-kaki yang kokoh dan sesuai dengan bobotnya. Salah satu elemen kaki-kaki yang penting adalah suspensi, yang dibagi menjadi dua bagian, depan dan belakang.

Bagian depan Toyota Hiace menggunakan suspensi Double Wishbone dengan Stabilizer, sementara bagian belakang menggunakan suspensi Leaf Spring Rigid Axle. Kedua suspensi ini memastikan keseimbangan dan stabilitas mobil tetap terjaga, bahkan saat melewati jalanan berlubang, karena mereka mampu meredam getaran dengan baik.

Sistem Pengereman

Selain itu, Toyota HiAce dilengkapi dengan velg Alloy Wheel berukuran 15 inci yang dipasangkan dengan ban tipe Machining & Ground Tire berukuran 195 R15 C. Sistem pengereman mobil ini terdiri dari rem Ventilated Disc with Floating Caliper 1 Cylinder di bagian depan dan Leading Trailing Drum Brake di bagian belakang.

Baca juga:  Kapasitas Elf Setiap Tipe, Berapa?

Fitur keselamatan tambahan seperti sistem pengereman ABS dan BA juga disematkan pada Toyota HiAce. Yang mana meningkatkan keamanan saat melakukan pengereman mendadak dan mencegah selip ban. Dengan teknologi pengereman canggih ini, mobil mampu menopang bobotnya dan jumlah penumpang hingga 16 orang dengan kestabilan yang optimal.

Airbag dan Seatbelt

Selain itu, Toyota HiAce Commuter di lengkapi dengan fitur keselamatan tambahan seperti Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, yang berfungsi melindungi saat terjadi benturan atau kecelakaan.

Sabuk pengaman di lengkapi dengan pretensioner dan seat limiter untuk menjaga pengemudi agar tidak terlalu maju saat terjadi benturan, sambil tetap memastikan tubuh tidak tertarik terlalu jauh ke belakang. Kantung udara di pangkal seatbelt mengatur hal ini, dan seatbelt tersebut terpasang di semua kursi penumpang.

Kesimpulan

Keunggulan Toyota Hiace Commuter bukanlah sekadar pujian semata. Fasilitas pintu geser memudahkan penumpang untuk masuk dan keluar, membuatnya menjadi pilihan ideal untuk angkutan penumpang. Ditambah dengan fitur-fitur keselamatan tingkat tinggi yang tersedia secara lengkap, Hiace menawarkan rasa aman dan kenyamanan yang tak tertandingi selama perjalanan.

Dengan spesifikasi yang kokoh dan luas, serta beragam fitur keselamatan yang canggih. Toyota Hiace Commuter merupakan pilihan terbaik untuk angkutan penumpang. Fasilitas pintu geser mempermudah aksesibilitas penumpang, sementara fitur-fitur keselamatan tingkat tinggi menjamin perlindungan yang optimal. Dengan demikian, Toyota Hiace Commuter bukan hanya sebuah mobil. Melainkan juga menjadi patokan dalam kategori angkutan penumpang yang aman dan nyaman.