Toyota Hiace Commuter – Toyota Hiace Commuter adalah kendaraan yang serbaguna dan andal yang menjadi pilihan favorit bagi banyak pengusaha dan keluarga di seluruh dunia. Dikenal dengan desainnya yang tangguh dan ruang kabin yang luas, Hiace Commuter menawarkan kenyamanan dan fungsionalitas untuk berbagai kebutuhan.

Dengan kapasitas penumpang yang besar seperti bus, Hiace Commuter cocok digunakan sebagai angkutan umum, mobil travel, atau bahkan sebagai kendaraan pribadi untuk perjalanan keluarga yang nyaman dan aman. Tak heran jika Hiace Commuter terus menjadi salah satu kendaraan paling populer di segmennya. Nah simak ulasan kekurangan dan kelebihan mobil andal satu ini.

Spesifikasi Toyota Hiace Commute

Toyota Hiace sangat andal untuk digunakan sebagai armada travel dan sejenisnya. Dalam hal penampilan luar, Hiace Commute menawarkan kesan kemewahan dengan bodi yang kokoh. Bodinya yang luas dan panjang di lengkapi dengan beberapa desain khas yang menarik.

Ukuran mobil Toyota Hiace ini mencapai panjang 5.380 mm dengan lebar 1.880 mm dan tinggi 2289 mm. Sementara itu, jarak antar roda belakang mencapai 1575 mm, jarak poros roda 6,2 mm, dan jarak terendah ke tanah 180 mm.

Dari segi interior, Toyota Hiace Commuter mampu menampung hingga 15 orang sekaligus. Dilengkapi dengan head unit yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih tinggi dengan layar sentuh AVX 6″. Ini mendukung berbagai format seperti Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, DVD/CD, bahkan konektivitas iPod. Penumpang akan merasa lebih nyaman berkat suara yang jelas dari speaker berkualitas yang di gunakan.

Sistem pengereman termasuk Ventilated Disc w/ Floating Caliper 1-Cylinder di bagian depan dan Leading-Trailing Drum Brake di roda belakang. Fitur crumple zone juga mengurangi dampak tabrakan, sementara suspensi mobil Double Wishbone dengan stabilizer di depan dan Leaf Spring Rigid Axle di belakang menawarkan kenyamanan dan keamanan ekstra bagi penumpang dan pengemudi.

Baca juga:  Kelebihan dan Keunggulan Mobil Elf: Kenali Sebelum Membeli

Harga Bekas Toyota Hiace Commut

Biaya pembelian yang baru semakin meningkat. Sebagai kendaraan niaga dengan fitur standar, harga Toyota Hiace Commuter ini tergolong tinggi jika di bandingkan dengan menggunakan sasis truk yang kemudian diubah menjadi minibus oleh pabrik karoseri.

Berikut adalah daftar harga Toyota Hiace pada tahun 2024:

  • Hiace Commuter M/T seharga Rp561,8 juta.
  • Hiace Premio 2.8 M/ seharga Rp647,3 juta.

Kelebihan Toyota Hiace Commute

Berikut kelebihan Toyota Hiace Commute yang bisa Anda Highlight.

Ruang Kabin Yang Luas

Faktor yang mendorong banyak pengusaha transportasi untuk beralih menggunakan Toyota Hiace adalah tingkat kenyamanan yang lebih tinggi. Ini di sebabkan oleh asal-usul Hiace sebagai kendaraan penumpang. Sementara Isuzu Elf adalah kendaraan komersial yang diubah menjadi minibus untuk mengangkut penumpang.

Toyota Hiace Commuter menawarkan tata letak tempat duduk yang dapat menampung hingga 15 orang secara bersamaan. Tidak mengherankan jika mobil ini sangat cocok di gunakan untuk perjalanan wisata atau penyewaan kendaraan.

Dalam konfigurasi kursinya, baris depan dapat menampung satu penumpang dan satu pengemudi. Di baris kedua, ketiga, dan keempat, masing-masing baris dapat menampung tiga penumpang. Sedangkan baris kelima memiliki kursi yang dapat menampung empat penumpang sekaligus. Ini menjadi pertimbangan penting saat perlu mengangkut banyak penumpang namun tetap memperhatikan kemampuan kendaraan untuk menyesuaikan dengan jalur yang mungkin tidak terlalu lebar.

Fitur Serupa dengan Low MPV

Satu hal lagi yang membuat Hiace Commuter cocok sebagai kendaraan angkutan penumpang jarak menengah adalah fitur-fiturnya yang sebanding dengan low MPV. Anda akan menemukan tambahan New Parking Sensor dan empat port USB Charging di dalamnya.

Toyota Hiace Commuter dilengkapi dengan head unit AVX 6″ layar sentuh yang mendukung berbagai format seperti Bluetooth, AUX, USB, AM/FM, DVD/CD, dan memiliki konektivitas iPod. Beberapa varian Hiace bahkan di lengkapi dengan roof monitor untuk hiburan penumpang di bagian belakang.

Baca juga:  Harga Toyota Premio 2024 dan Sejumlah Keunggulannya

Tempat duduk Hiace nyaman dan didesain oleh Toyota secara langsung. Selain itu, kabin Hiace di lengkapi dengan berbagai fitur mirip mobil pribadi. Hiace Commuter juga di lengkapi dengan AC multi blower di langit-langit untuk penumpang baris kedua hingga kelima. Serta berbagai kompartemen untuk menyimpan barang kecil dan botol minuman.

Dalam hal keselamatan, Hiace Commuter telah di lengkapi dengan 3-Points Seat Belt di semua bangku, Dual SRS Airbags, dan sistem rem ABS+BA dengan piringan cakram di roda depan sebagai fitur keamanan.

Mesin Sejenis dengan Kijang Innova

Toyota Hiace Commuter di bekali dengan mesin diesel 2KD-FTV turbocharger berkapasitas 2.494 cc, 4-silinder segaris, dengan konfigurasi katup 16-valve DOHC D-4D commonrail. Dimana mampu menghasilkan daya sebesar 102 PS @3.600 rpm dan torsi maksimal 259 Nm @1.600-2.400 rpm. Mesin ini di pasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan yang menggerakkan roda belakang.

Perlu dicatat bahwa mesin 2,5 liter yang digunakan dalam Hiace Commuter sebelumnya telah terbukti andal pada Kijang Innova dan Toyota Fortuner. Ini menunjukkan bahwa mesin diesel tersebut tidak hanya tangguh tetapi juga memberikan kenyamanan saat digunakan dalam mobil penumpang.

Kekurangan Toyota Hiace Premio, Interior yang Tidak Begitu Mewah

Meskipun sering menjadi pilihan utama untuk perjalanan jarak menengah, namun Hiace Commuter memiliki beberapa kekurangan terutama dalam hal kenyamanan. Oleh karena itu, Toyota kemudian mengeluarkan Hiace yang di hadirkan sebagai opsi ‘mobil travel’ yang lebih nyaman.

Kursi yang Kurang Nyaman

Salah satu keluhan umum dari penumpang Hiace dengan konfigurasi kursi bawaan pabrik adalah masalah kenyamanan. Toyota Hiace Commuter memiliki jok yang tipis, yang dapat menyebabkan kelelahan pada penumpang saat melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, kursinya cenderung tegak karena sudut kemiringannya terbatas. Hal ini terkait dengan keterbatasan ruang kabin agar sandaran kursi tidak menyentuh kaki penumpang yang duduk di belakangnya.

Baca juga:  Elf vs Hiace Untuk Berwisata, Pilih Apa?

Suspensi Kaku Berdasarkan Per Keong

Toyota Hiace menggunakan lengan ayun dengan konfigurasi Double Wishbone dengan stabilizer di bagian depan dan Leaf Spring Rigid Axle di bagian belakangnya. Namun, tingkat kenyamanan penumpang dalam mobil ini relatif.

Penumpang di kursi depan dan tengah tidak akan merasakan guncangan yang terasa saat mobil melintasi jalan bergelombang. Namun, pengalaman berbeda akan dirasakan oleh penumpang yang duduk di kursi paling belakang atau baris kedua dari belakang.

Sistem suspensi per daun dengan rigid axle memberikan sensasi seperti naik truk, dengan perasaan yang keras dan cukup berguncang saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi.

Tampilan Dashboard yang Minimalis

Sebagai kendaraan minibus, Toyota tidak menghadirkan interior Hiace Commuter dengan desain yang mewah. Area kokpit dan dashboardnya memiliki tampilan yang sederhana tanpa fitur istimewa yang mencolok. Tuas persenelingnya di tempatkan di bagian tengah, mirip dengan Daihatsu Gran Max atau Sigra, sehingga memberikan kesan ergonomis yang lebih baik.

Pengaturan AC masih menggunakan knob putar, dan terdapat ruang kosong di bagian tengah dashboard di sebelah head unit. Dashboard ini menggunakan bahan plastik yang di cat dengan warna hitam dan memiliki tekstur kasar. Penggunaan material seperti ini di pilih karena lebih mudah dibersihkan ketika terkena noda.

Velg Tetap Menggunakan Velg Kaleng

Dengan konsep sebagai kendaraan untuk mengangkut penumpang, aspek kemewahan tidak menjadi prioritas utama dalam Hiace Commuter. Minibus ini mengusung tampilan yang sederhana dengan menggunakan velg kaleng berukuran 15 inci yang di lengkapi dengan ban berprofil ukuran 195.

Meskipun velg kaleng ini tidak memberikan kesan yang keren, terkadang di lengkapi dengan dop roda yang memiliki aksen seperti velg alloy. Namun, velg kaleng terbukti lebih fleksibel dan kuat saat di gunakan untuk perjalanan wisata ke lokasi yang agak jauh dari jalan raya.

Toyota Hiace Commuter merupakan pilihan yang andal untuk transportasi jarak menengah dan penggunaan komersial lainnya. Kendaraan ini menawarkan ruang kabin yang luas, fitur-fitur yang cukup lengkap, dan mesin yang terbukti tangguh. Meskipun beberapa kelemahan seperti kursi yang kurang nyaman dan tampilan yang sederhana, Hiace Commuter tetap menjadi pilihan yang populer di segmennya. Dengan reputasi yang telah teruji dan daya tahan yang baik, Hiace Commuter tetap menjadi pilihan yang layak untuk berbagai kebutuhan transportasi.