Toyota Hiace dan Isuzu Elf – Toyota Hiace dan Isuzu Elf adalah dua kendaraan komersial yang populer di pasar otomotif. Kedua kendaraan ini menawarkan berbagai fitur dan spesifikasi yang membuatnya menjadi pilihan favorit bagi berbagai jenis usaha.

Dengan spesifikasi yang unik dan keunggulan masing-masing, Toyota Hiace dan Isuzu Elf menjadi pilihan utama bagi para pengusaha yang membutuhkan kendaraan komersial yang handal dan efisien. Nah bagaimana perbandingan keduanya, simak selengkapnya berikut ini.

Spesifikasi Toyota Hiace

Eksterior Toyota Hiace

Dimensi mobil HiAce mencakup panjang 5.915 mm, lebar 1.950 mm, dan tinggi 2.280 mm, dengan jarak poros roda sekitar 3.860 mm. Konsumen dapat memilih dari tiga pilihan warna elegan, yakni Putih, Silver Metallic, dan Beige Metallic.

Mulai dari desain depan HiAce 2023, terdapat pembaruan pada bumper dan grille yang menawan. Headlamp yang dibentuk dengan sudut yang tajam menambah kesan dinamis dan tangguh. Dengan Semi-Bonnet Body Type, keselamatan penumpang, performa berkendara, dan kenyamanan di dalam kabin semakin ditingkatkan.

Grille depan mobil HiAce dipercantik dengan aksen chrome yang memberikan kesan mewah. Selain itu, terdapat kaca spion besar dan pegangan pintu dengan desain modern. Penggunaan sliding door pada mobil HiAce 2023 akan memudahkan akses keluar masuk bagi penumpang.

Bagian belakang Toyota HiAce dilengkapi dengan stop lamp vertikal yang besar dan lampu sein. Velg alloy 16 inci dengan ban berukuran 235/65R16C memberikan sentuhan sporty dan mampu menopang bobot HiAce 2023 yang cukup besar.

Interior

Selain aspek eksterior, Toyota HiAce 2023 menawarkan interior yang canggih dan handal. Desainnya menampilkan kemewahan dan ruang kabin yang sangat luas. Dasbor yang dirancang dengan baik memberikan kesan eksklusif sambil memastikan kontrol yang mudah bagi pengemudi.

Fitur Instrument Panel yang informatif serta fitur Telescopic & Tilt Steering memungkinkan pengaturan setir yang nyaman selama perjalanan. Selain itu, fitur Retractable and Supplemental Mirror memberikan kepraktisan dan meningkatkan visibilitas saat berkendara.

Baca juga:  Inilah Perbedaan Hiace Premio dan Commute Yang Perlu Anda Perhatikan

Console Tray yang tersemat di ruang kemudi menawarkan desain yang dinamis dan lebar, cocok untuk menyimpan barang-barang penting. Sementara itu, ruang penyimpanan Overhead Console dan Overhead Tray memberikan akses mudah dan luas bagi pengemudi.

Mesin dan Performa Mobil HiAce

Performa HiAce 2023 didukung oleh mesin 1GD-FTV berkapasitas 2.755 cc, yang di lengkapi dengan teknologi DOHC with VNT Intercooler, 4 silinder in-line, dan 16 katup. Mobil ini tersedia dengan transmisi manual 6 percepatan (M/T) dan menggunakan bahan bakar diesel.

Mesin New Super GD – VNT Turbo pada HiAce 2023 menawarkan performa optimal, efisiensi tinggi, dan rendah kebisingan. Ini memungkinkan Anda dan penumpang merasakan perjalanan yang nyaman tanpa gangguan suara mesin yang berlebihan.

Dengan kapasitas tangki hingga 70 liter dan di lengkapi dengan Common Rail dan Direct Injection Fuel System, HiAce mampu menghasilkan tenaga sebesar 156,4 PS per 3.600 RPM dengan torsi maksimal mencapai 42,8 Kgm per 1.600-2.200 RPM.

Kenyamanan selama berkendara dengan Toyota HiAce di tunjang oleh suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan suspensi Leaf di bagian belakang. Sistem pengereman menggunakan cakram berukuran 16 inci untuk roda depan dan belakang, menambah keselamatan dan stabilitas kendaraan.

Fitur Keselamatan

Selain memprioritaskan kenyamanan, minibus yang sering di gunakan sebagai kendaraan komersial ini juga mengutamakan aspek keselamatan, mengingat kapasitasnya untuk mengangkut banyak penumpang.

Toyota HiAce di lengkapi dengan 3-Points Seat Belt yang di lengkapi pretensioner dan force limiter, menjaga keselamatan setiap penumpang. Terdapat juga fitur Dual SRS Airbag dengan teknologi Restrain System Airbags, membantu mengurangi risiko cedera serius pada penumpang depan dan pengemudi dalam kecelakaan.

Fitur keamanan lainnya termasuk Anti-lock Braking System (ABS) dan Brake Assist (BA), untuk memastikan pengereman yang stabil dan mencegah slip saat mengemudi.

Hill Start Assist (HSA) hadir untuk mencegah mundurnya kendaraan saat berjalan menanjak, sementara Vehicle Stability Control (VSC) membantu menjaga stabilitas kendaraan saat berakselerasi dan bermanuver di tikungan tajam.

Baca juga:  Perawatan AC Mobil Elf, Apa Saja Yang Harus Dilakukan?

Spesifikasi Isuzu Elf

Eksterior Isuzu ELF

Isuzu Elf memang tidak menonjolkan eksterior yang mencolok, karena umumnya kendaraan niaga ini di beli dalam jumlah besar oleh perusahaan jasa travel. Dari sisi depan, Elf memiliki penampilan yang sederhana, tanpa kap mesin karena mesinnya di tempatkan di bawah jok supir, memberikan stabilitas dan bobot yang lebih ringan, serta kabin yang lebih luas.

Headlamp berbentuk kotak besar dengan bohlam Halogen yang cukup kuat untuk penerangan malam hari. Kaca depan lebar di lengkapi dengan wiper panjang untuk membersihkan kaca saat hujan. Spion yang kokoh dapat di lipat memberikan kekokohan di jalan.

Sisi samping dan belakang Elf umumnya dicat putih susu dengan decal di pintu, namun beberapa perusahaan jasa pariwisata mungkin memiliki preferensi warna yang berbeda. Bagian belakang memiliki rear combination lamp yang modern, serupa dengan Mazda Biante, dengan pintu bagasi yang mudah dibuka.

Mesin dan Dimensi Isuzu ELF

Isuzu Elf tersedia dalam beberapa versi, termasuk versi sangat panjang dan versi standar, namun versi dengan mesin 3.0L dan teknologi Direct Injection lebih umum terjual. Mesin ini mampu menghasilkan daya yang cukup besar, mencapai 100Ps pada putaran 3.400rpm dan torsi 22.5Kgm pada putaran 2.000 – 3.200rpm. Hal ini menjadi impresif mengingat Isuzu Elf bukanlah mobil standar, melainkan minibus yang dapat menampung hingga 20 orang di dalamnya.

Dimensi besar Isuzu Elf memungkinkan untuk menampung banyak penumpang. Dengan panjang keseluruhan 4.590mm, lebar 1.695mm, dan tinggi 2.127mm, memberikan ruang kabin yang sangat luas. Itulah mengapa banyak perusahaan travel memilih Isuzu Elf sebagai kendaraan utama, terutama untuk rute jarak menengah seperti Jakarta-Bandung atau Jakarta-Cirebon. Kapasitas penumpang yang mencapai 18 orang membuatnya sangat efisien dan efektif dalam transportasi massal.

Sasis, Ban, dan Rem Isuzu ELF

Isuzu Elf adalah minibus yang kokoh dan telah di produksi dalam jumlah besar. Dengan peremajaan teknologi terus-menerus untuk meningkatkan kualitas sasis, suspensi, ban, dan sistem rem. Hal ini agar dapat mengatasi jalanan Indonesia yang semakin kompleks akibat kemacetan.

Baca juga:  Bandingkan Varian Mobil Elf: Pilih yang Sesuai Kebutuhan Anda

Isuzu Elf menggunakan sistem kemudi Rack&Pinion yang telah teruji kualitasnya dan umum di gunakan di banyak kendaraan, tidak hanya Isuzu. Suspensi yang di gunakan mampu menangani bobot penumpang dan kondisi jalan yang beragam di Indonesia. Yaitu dengan menggunakan tipe Semi Eliptical Laminated Leaf Spring baik di bagian depan maupun belakang, memberikan keseimbangan yang baik.

Ukuran ban yang besar, 225/75R16, dan velg berukuran 16 x 7.00, menjamin traksi yang baik untuk Isuzu Elf. Sementara sistem pengereman Hydraulic with Vacuum Booster memberikan efek pengereman yang nyaman bagi penumpang, mengurangi risiko mual akibat efek G yang berlebihan.

Interior

Interior dari Isuzu Elf memang tidak menawarkan kemewahan yang mencolok, namun kabin yang sangat luas dapat menampung hingga 16 penumpang. Modifikasi interior biasanya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan jasa pariwisata yang membeli Elf ini.

Beberapa modifikasi mungkin termasuk penambahan fasilitas mewah, peningkatan jumlah kursi. Atau bahkan transformasi menjadi fasilitas layaknya kereta api eksekutif, tergantung pada target konsumen perusahaan tersebut.

Fitur Keamanan Isuzu ELF

Secara default, fitur keamanan dari Isuzu Elf memang sederhana dan tidak termasuk airbag seperti mobil pribadi lainnya. Namun, keputusan untuk menambahkan fitur keamanan lebih lanjut tergantung pada perusahaan yang membeli minibus niaga ini.

Beberapa perusahaan mungkin memilih untuk melengkapi Elf mereka dengan fitur keamanan sekelas mobil mewah, sementara yang lain mungkin memilih fitur yang lebih standar. Ini semua tergantung pada kebutuhan dan kebijakan keamanan masing-masing perusahaan yang membeli Elf.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Toyota Hiace dan Isuzu Elf adalah dua kendaraan komersial yang tangguh dan handal, dengan masing-masing menawarkan keunggulan dalam berbagai aspek. Toyota HiAce menonjolkan desain modern dan fungsional, dilengkapi dengan teknologi canggih dan kenyamanan interior yang luas.

Di sisi lain, Isuzu Elf menawarkan kekokohan dan kapasitas angkut yang besar, cocok untuk kebutuhan bisnis dengan jumlah penumpang yang banyak. Meskipun memiliki fitur keamanan dan kemewahan yang berbeda-beda. Toyota Hiace dan Isuzu Elf ini tetap menjadi pilihan utama bagi para pengusaha yang membutuhkan kendaraan komersial yang handal dan efisien.