Panjang Mobil Hiace – Mobil Hiace dikenal sebagai salah satu kendaraan multi-fungsi yang populer di Indonesia. Salah satu hal yang sering menjadi pertimbangan saat memilih kendaraan adalah panjang mobilnya. Panjang mobil Hiace menjadi salah satu faktor yang banyak diperbincangkan oleh calon pembeli.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang berbagai dimensi panjang mobil Hiace dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi penggunaan sehari-hari serta kebutuhan transportasi. Untuk mengetahui panjang mobil Hiace, Anda dapat melihat penjelasan secara detail di bawah ini.

Panjang Mobil Hiace

Dalam hal dimensi, Toyota Hiace Premio menunjukkan ukuran yang lebih panjang dan lebar dibandingkan dengan Hiace tipe Commuter, namun sedikit lebih rendah. Berdasarkan data resmi dari pabrik, Hiace Premio memiliki dimensi panjang 5.915 mm, lebar 2.018 mm, dan tinggi 2.280 mm, dengan jarak sumbu roda depan dan belakang sebesar 3.860 mm.

Sementara itu, Hiace Commuter memiliki panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm, dan jarak antara roda depan dan belakang hanya 3.110 mm. Meskipun Hiace Premio memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih panjang, namun menurut konsep segmentasi premium, mobil ini membatasi jumlah penumpang hanya hingga 12 orang dengan konfigurasi 2+2+2+2+4, sehingga memberikan ruang kabin yang lebih luas.

Di sisi lain, Hiace Commuter lebih menekankan pada kapasitas angkut yang lebih banyak. Hal ini terbukti dengan kemampuannya menampung hingga 16 penumpang dengan konfigurasi 3+3+3+3+4.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hiace

Ketika berbicara tentang Toyota Hiace, tak dapat di abaikan untuk membahas kelebihan dan kekurangan dari kendaraan tersebut. PT Toyota Astra Motor akhirnya meluncurkan sebuah mobil dalam segmen komersial dengan jenis mini bus yang bernama Toyota Hiace.

Baca juga:  Isuzu Elf, Spesifikasi dan Harga Terbaru 2024

Mesin Toyota hiace

Toyota Hiace lengkap dengan mesin yang di tanam oleh PT. Toyota Astra Motor, menggunakan seri D-4D dengan kapasitas 2500cc atau 2,5 Liter, memiliki 4 silinder segaris dan 16 katup. Teknologi DOHC juga turut di sematkan, yang di klaim lebih unggul dibandingkan SOHC.

Mesin Toyota Hiace mampu mencapai torsi maksimum hingga 300Nm pada putaran 1200Rpm, dan daya maksimum 102 Ps pada putaran 3600 rpm. Tangki bahan bakarnya memiliki kapasitas hingga 70 liter, dengan sistem common rail yang di klaim meningkatkan efisiensi penggunaan BBM. Menariknya, mesin Toyota Hiace ini identik dengan Mobil Fortuner tipe solar yang sudah terkenal dengan performanya yang tangguh.

Suspensi dan Kaki-Kaki

Suspensi dan sistem kaki-kaki Toyota Hiace menonjol di bandingkan dengan kendaraan komersial lainnya. Dengan jarak pijak roda yang luas dan suspensi yang telah terbukti handal, mobil ini menawarkan pengalaman berkendara yang nyaman dan tanpa goncangan yang besar saat melintasi rintangan seperti lubang di jalan.

Teknologi suspensi yang di gunakan meliputi tipe Double Wishbone untuk bagian depan dan Leaf Spring Rigid Axle pada bagian belakangnya, yang meningkatkan kemampuan suspensi mobil tersebut.

Keamanan Mobil  Hiace

Fitur keamanan pada Toyota Hiace, kendaraan komersial ini, dianggap cukup lengkap. Mulai dari airbag untuk pengemudi dan penumpang di samping pengemudi, hingga sabuk pengaman (safety belt) pada setiap kursi yang meningkatkan rasa aman Anda.

Salah satu fitur yang paling penting dan belum umum di mobil komersial lainnya adalah sistem pengereman dengan ABS. ABS (Anti-Lock Brake System) adalah teknologi pengereman yang mencegah mobil melintir saat berkendara di jalan licin. Dengan ABS, saat menginjak rem pada kondisi jalan yang licin, mobil tidak akan langsung berhenti secara mendadak, mengurangi risiko kecelakaan.

Baca juga:  Tips Naik Elf Untuk Perjalanan Aman Anda

Kekurangan Mobil  Hiace

Setelah mengulas keunggulan Toyota Hiace, tidak lengkap rasanya tanpa membahas juga kekurangannya.

Bodi Besar

Ukuran bodi Toyota Hiace cukup besar di bandingkan dengan MPV lainnya. Ketika di gunakan di perkotaan, pengguna mungkin mengalami kesulitan saat melewati jalan yang sempit. Apalagi jika pengemudi belum terbiasa mengemudikan mobil besar seperti ini, kemungkinan menyenggol atau bahkan mematahkan spion bisa meningkat. Namun, sebagian orang menggunakan kendaraan ini untuk usaha jasa rental atau sewa mobil yang sedang populer di Indonesia.

Audio Hiace

Pada beberapa tipe Toyota Hiace, audio tidak termasuk perangkat standarnya. Hal ini berarti untuk memiliki mobil ini, Anda perlu mempertimbangkan tambahan biaya untuk memasang audio. Namun, untuk mobil transportasi wisata atau rental Hiace di Jakarta. Nah mumnya sudah di lengkapi dengan unit audio dan layar LCD untuk meningkatkan kenyamanan penumpang.

Harga Hiace

Harga adalah faktor yang sangat memengaruhi keputusan pembelian, dan hal ini sering menjadi pertimbangan yang signifikan bagi konsumen. Toyota Hiace memang dikenal memiliki harga yang cukup tinggi dibandingkan dengan pesaingnya. Seperti Isuzu Elf yang telah lama menjadi pilihan angkutan travel. Perbedaan harga yang cukup besar ini menjadi pertimbangan yang perlu dipikirkan secara matang oleh calon pembeli.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Toyota Hiace Premio memiliki dimensi panjang 5.915 mm, lebar 2.018 mm, dan tinggi 2.280 mm, dengan jarak sumbu roda depan dan belakang sebesar 3.860 mm. Dan Hiace Commuter memiliki panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm, dan jarak antara roda depan dan belakang hanya 3.110 mm

Toyota Hiace menawarkan sejumlah keunggulan yang signifikan, termasuk mesin yang handal, sistem kaki-kaki yang kokoh, fitur keamanan yang memadai, dan kenyamanan pengemudi yang baik.

Baca juga:  Elf vs Hiace Untuk Berwisata, Pilih Apa?

Namun, ada beberapa kekurangan yang perlu dipertimbangkan, seperti ukuran bodi yang besar yang bisa menyulitkan saat berkendara di perkotaan, serta harga yang cenderung lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa pesaingnya. Meskipun demikian, Hiace tetap menjadi pilihan yang populer, terutama dalam industri rental mobil dan transportasi wisata di Indonesia.