Hiace Premio dan Commute – Toyota Hiace merupakan kendaraan yang populer di Indonesia dengan dua varian utama: Hiace Premio dan Hiace Commute. Meskipun keduanya berasal dari Toyota Hiace, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Hiace Premio lebih cocok untuk penggunaan pribadi atau keluarga dengan desain yang lebih mewah dan fitur-fitur tambahan yang membuatnya nyaman digunakan dalam perjalanan jarak jauh.

Sementara itu, Hiace Commute juga sering diperuntukkan untuk penggunaan komersial atau angkutan umum dengan desain yang lebih fungsional dan kapasitas penumpang yang lebih besar. Meski memiliki perbedaan dalam desain dan fungsionalitas, keduanya tetap menjadi pilihan yang populer di pasar otomotif Indonesia. Nah berikut ini beberapa spesifikasi antara Hiace Premio dan Commute yang bisa Anda perhatikan untuk mendapatkan perbedaannya.

Perbedaan Hiace Premio dan Commute

Harga Hiace Premio dan Commute

Harga menjadi salah satu perbedaan utama antara Toyota Hiace Premio dan Hiace Commuter. Hiace Premio dijual dengan harga sekitar Rp 621.700.000, sementara Hiace Commuter memiliki harga sekitar Rp 539.200.000, dengan selisih sekitar Rp 82,5 jutaan.

Perbedaan harga ini mencerminkan segmentasi pasar yang berbeda bagi kedua kendaraan. Hiace Premio ditujukan untuk segmen pasar yang lebih premium, sedangkan Hiace Commuter lebih ditujukan untuk penggunaan komersial. Dengan harga yang lebih tinggi, Hiace Premio menawarkan ruang interior yang lebih lapang, terbuka, dan fungsional bagi penggunaannya.

Mesin Hiace Premio dan Commute

Mesin adalah salah satu perbedaan signifikan antara Toyota Hiace Premio dan Hiace Commuter. Hiace Premio menggunakan mesin turbo diesel 1GD-FTV 4-silinder VNT Intercooler berkapasitas 2.800 cc. Yang mana menghasilkan tenaga sebesar 177 dk pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 420 Nm pada 1.400 hingga 2.600 rpm. Sementara itu, Hiace Commuter dilengkapi dengan mesin turbo diesel 1KD-FTV berkapasitas 3.000 cc. Sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 134 dk pada 3.400 rpm dan torsi puncak 300 Nm pada rentang 1.200 hingga 2.400 rpm.

Baca juga:  Toyota Hiace 2021, Spesifikasi dan Harganya Terkini

Perbedaan lainnya adalah posisi mesinnya. Mesin Hiace Premio terletak di bagian depan, sementara mesin Hiace Commuter ditempatkan di bawah jok penumpang depan. Toyota mengklaim bahwa pemindahan posisi mesin ini membuat Hiace Premio lebih tenang dan mencegah penumpang dari panas yang berlebihan. Yaitu karena mesin tidak berada di bawah kursi penumpang. Selain itu, keberadaan bonet di Hiace Premio memudahkan pemilik dalam melakukan pengecekan atau perawatan kendaraan karena tidak perlu membuka bagian jok, cukup membuka kap depan.

Kapasitas Penumpang

Kapasitas penumpang yang lebih besar tersedia di Hiace Commuter daripada di Hiace Premio. Hiace Premio memiliki batasan jumlah penumpang hingga 12 orang, dengan susunan kursi 2+2+2+2+4, yang membuat kabin penumpang lebih luas secara otomatis. Dalam hal dimensi, Toyota Hiace Premio memiliki ukuran yang lebih panjang dan lebar daripada varian Commuter, namun varian Commuter sedikit lebih tinggi daripada Premio.

Menurut data resmi pabrikan, Hiace Premio memiliki panjang 5.915 mm, lebar 2.018 mm, dan tinggi 2.280 mm, dengan jarak antara sumbu roda depan dan belakang sebesar 3.860 mm.

Di sisi lain, Hiace Commuter memiliki panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm, dan jarak antara sumbu roda depan dan belakang hanya 3.110 mm. Meskipun lebih besar dan lebih panjang, Hiace Premio membatasi jumlah penumpang hingga 12 orang. Yaitu dengan konfigurasi kursi 2+2+2+2+4. Sementara Hiace Commuter menawarkan kapasitas hingga 16 penumpang. Yaitu dengan susunan kursi 3+3+3+3+4, menunjukkan fokus pada daya angkut yang lebih besar.

Desain Hiace Premio Menonjol

Desain Hiace Premio menonjol dengan adanya bagian hidung depan, yang di anggap lebih aman dalam situasi benturan. Yang merupakan ebuah fitur yang tidak dimiliki oleh Hiace Commuter. Tampilan eksterior Hiace Premio juga mencerminkan kesan modern dan futuristik. Yaitu dengan penggunaan desain Semi-Bonnet yang meningkatkan beberapa aspek dari kendaraan tersebut.

Baca juga:  Kelebihan dan Keunggulan Mobil Elf: Kenali Sebelum Membeli

Selain itu, Hiace Premio juga menawarkan performa yang baik dan kabin yang di rancang untuk menyerap suara. Sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan aman bagi penumpangnya. Di sisi lain, Hiace Commuter tidak di lengkapi dengan bagian hidung depan seperti yang di miliki oleh Premio. Akan tetapi tetap menawarkan fitur-fitur keselamatan yang penting.

Meskipun demikian, secara visual, Commuter cenderung memiliki tampilan yang lebih sederhana dan fungsional. Meski begitu, kedua varian tersebut tetap memberikan pilihan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, baik dalam hal gaya maupun fitur keselamatan.

Ukuran Ban

Ban pada Hiace Commuter memiliki ukuran yang lebih kecil, yaitu 195/80 dengan diameter 15 inci. Sementara Hiace Premio menggunakan ban ukuran 235/65 dengan diameter 16 inci. Kedua varian tersebut dilengkapi dengan sistem pengereman ABS. Hiace Premio memiliki kaki-kaki yang lebih besar untuk menopang bobotnya yang lebih besar dibandingkan dengan Hiace Commuter.

Meskipun keduanya di lengkapi dengan sistem pengereman ABS, sistem pengereman pada Hiace Premio lebih unggul. Yaitu dengan keberadaan 4 disc brake untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpangnya. Sementara itu, Hiace Commuter menggunakan Ventilated Disc Brake With Floating Caliper 1-Cylinder untuk rem bagian depan dan Leading-Trailing Drum Brake untuk rem bagian belakang.

Fitur Hiace Premio Lebih Lengkap

Interior Hiace Premio menawarkan fitur yang lebih lengkap dan desain yang lebih modern di bandingkan dengan Hiace Commuter. Dashboard Premio memiliki desain yang lebih atraktif dengan penggunaan warna dualtone yang membuatnya terlihat lebih mewah. Sementara Commuter memiliki tampilan yang lebih sederhana dengan dominasi warna hitam. Fitur MID (Multi Information Display) pada Hiace Premio juga terlihat lebih menarik daripada Commuter yang terkesan lebih sederhana.

Baca juga:  Elf Long 19 Seat, Tips Memaksimalkan Kapasitasnya

Selain itu, Hiace Premio di lengkapi dengan fitur keamanan tambahan seperti Vehicle Stability Control (VSC), hill start assist (HSA). Dan Emergency Brake Signal (EBS), yang tidak tersedia pada Hiace Commuter. Premio juga di lengkapi dengan fitur tambahan seperti New Parking Camera. Sementara Commuter hanya memiliki New Parking Sensor. Meskipun keduanya sudah di lengkapi dengan SRS airbag dan 3 point seat belt, namun tambahan fitur keamanan pada Premio membuatnya menjadi pilihan yang lebih unggul. Yaitu dalam hal keamanan dan kenyamanan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, perbedaan antara Toyota Hiace Premio dan Hiace Commuter mencakup berbagai aspek seperti harga, desain, mesin, ukuran ban, interior, dan fitur-fitur tambahan. Hiace Premio menawarkan fitur-fitur yang lebih lengkap dan desain yang lebih modern, membuatnya lebih cocok untuk penggunaan pribadi atau keluarga dengan segmen pasar yang lebih premium.

Sementara itu, Hiace Commuter lebih di tujukan untuk penggunaan komersial dengan kapasitas penumpang yang lebih besar dan fitur yang lebih sederhana. Meskipun demikian, keduanya tetap menjadi pilihan yang populer di pasar otomotif Indonesia, dengan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna.