Tempat Wisata Populer di Jogja – Jogja terus berkembang dan ramai tempat wisatanya, dari wisata alam hingga destinasi kuliner malam. Sedang mencari destinasi wisata di Jogja populer, murah dan terbaru, berikut ini informasi yang anda butuhkan.

Ada 18 tempat wisata di Jogja terpopuler dan murah, antara lain wisata alam, wisata sejarah, dan masih banyak lagi. Ada banyak destinasi wisata dengan banyak tempat menarik dan kuliner lezat. Dari Malioboro hingga wisata kota, Yogyakarta memiliki daya tarik wisata yang bagus, terutama bagi keluarga yang ingin berlibur bersama. Rekomendasi tempat wisata di Jogja juga tersedia dengan banyak tempat wisata terkenal dan menarik.

18 Tempat Wisata Populer di Jogja

Jalan Malioboro

Masih wisata sejarah dan budaya populer yang sangat direkomendasikan yaitu apalagi kalau bukan Jalan Malioboro. Di sini, Anda juga bisa berwisata kuliner, menikmati berbagai makanan khas Jogja yang otentik.

Jalan ini sudah tidak asing baik bagi wisatawan lokal maupun asing. Terlebih disini tempatnya berbelanja oleh-oleh khas Jogja untuk kerabat dan sahabat di rumah.

Alamatnya ada di Sosromenduran, Gedong Tengen, Yogyakarta. Tidak biaya retribusi dan buka 24 Jam.

Museum Benteng Vredeburg

Wisata sejarah yang tidak kalah menarik di Jogja untuk Anda kunjungi adalah Museum Benteng Vredeburg. Di museum ini, Anda akan melihat peninggalan Kesultanan Yogyakarta dan  berbagai  peninggalan Belanda.

Ramai wisatawan yang menyempatkan diri sekaligus melihat museum ini, karena lokasinya yang dekat dengan wisata populer yang lain, seperti Malioboro, Pasar Beringharjo, dan Alun-Alun Utara.

Alamatnya ada di Jl. Margomulyo No. 6, Ngupasan, Gondomanan, Yogyakarta. Untuk retribusi hanya sebesar Rp3.000 /orang dan buka mulai jam 7.30 – 16.00 WIB.

Taman Sari

Taman Sari merupakan destinasi wisata populer di Jogja yang masih sering digunakan sebagai tempat ritual keluarga raja, memiliki bangunan dengan desain unik, gaya Portugal Jawa. Selain menikmati keindahan dan eksotisme bangunan, Anda dapat belajar dan mendapatkan informasi tentang sejarah lampau di zaman Kesultanan Mataram.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Populer di Magelang 

Alamatnya ada di Patehan, Kraton, Yogyakarta. Untuk retribusi pengunjung lokal hanya sebesar Rp5.000 dan mancanegara: Rp15.000. Jam buka Wisata Taman Sari yaitu mulai 09.00 – 15.00 WIB.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu berada di Kaliurang, Sleman, Yogyakarta. Tempat wisata populer ini menyimpan sejarah tentang kerajaan Mataram dan budaya Jawa, juga mempunyai pemandangan yang indah dari atas museum.

Arsitektur dari bangunan museum ini menggabungkan konsep rumah dan alam yang sangat aesthetic.

Candi Prambanan

Candi Prambanan, destinasi populer di Jogja merupakan candi warisan Hindu yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan dunia. Daya tarik dari Candi Prambanan yang tidak ada habisnya untuk diceritakan adalah asal usulnya yang berasal dari cerita rakyat Roro Jonggrang.

Alamatnya ada di Jl. Raya Solo – Jogja No. 16, Kranggan, Prambanan, Sleman. Untuk tiket masuk sebesar Rp25.000 – Rp75.000 / orang, dengan jam buka mulai 08.00 – 16.00 WIB.

Tebing Breksi

Bagi Anda yang suka dengan hal-hal yang unik dan menarik, cobalah berkunjung ke destinasi wisata Tebing Breksi Jogja. Tempat wisata Jogja ini selalu ramai oleh pengunjung karena punya daya tarik tersendiri.

Yang menarik dari Tebing Breksi ini yaitu keberadaan batu kapur dengan guratan-guratan unik dan indah. Objek wisata ini paling laris jadi spot foto para wisatawan yang datang ke Jogja.

Alamatnya ada di Gunungsari, Sambirejo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Tiket masuknya sebesar Rp10.000 – Rp20.000 /orang, dan buka mulai 06.00 – 22.00 WIB.

Lereng Gunung Merapi

Disini Anda dapat menikmati pemandangan alam yang indah, dan juga bisa melakukan kegiatan menantang yang bisa memacu adrenalin. Di Lereng Gunung Merapi ini banyak hal dapat dilakukan, seperti menyalurkan hobi touring dengan jeep atau motor trail.

Alamatnya ada di Perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Untuk tiket masuk sebesar Rp350.000 – Rp650.000 /orang ( Lava Tour Merapi), dan buka 24 Jam.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut merupakan salah satu wisata Jogja populer yang masih sangat asri karena terletak di kawasan pedesaan. Berada di Kulon Progo, di sini Anda dapat menikmati wisata air terjun dengan suasana sejuk dan pemandangan yang cantik.

Baca juga:  10 Coffee Shop 24 Jam Jogja, Ada Legend Coffe Hingga Ethikopia

Alamatnya ada di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tiket masuknya sebesar Rp10.000-Rp20.000 orang dan buka dari jam 08.00–16.00 WIB

Desa Wisata Nglanggeran

Nglanggeran adalah sebuah desa di Kabupaten Gunungkidul yang indah dan populer dengan keindahan alamnya, terutama pegunungan dan gua-gua yang ada di sekitarnya. Tempat ini menawarkan pengalaman yang menarik dengan berbagai kegiatan, seperti trekking sambil melihat keindahan pemandangan alam khas pedesaan.

Alun-Alun Kidul (Alkid)

Rekomendasi yang pertama untuk wisata di Jogja terpopulera dalah Alun-Alun Kidul. Alun-Alun ini telah menjadi ciri khas Kota Jogja ini selalu ramai oleh pengunjung, apalagi di malam hari.

Yang paling dari Alun-alun Kidul ini yaitu pesona keindahannya, terutama memasuki malam hari. Apalagi lagi, pengunjung juga dapat mencicipi berbagai kuliner khas Jogja di sepanjang jalan.

Alamatnya ada diJl. Alun-Alun Kidul, Patehan, Kraton, Yogyakarta. Tidak perlu membayar retribusi dan buka 24 Jam.

Pantai Goa Cemara

Sesuai namanya, jalan setapak menuju pantai ini terdapat pohon cemara yang berjejer rapi sepanjang jalan. Pantai yang unik dan masih terjaga keasriannya. Bagi Anda yang suka hunting foto, jangan lewatkan banyak spot untuk foto yang keren di Pantai Goa Cemara.

Alamatnya ada di Jl. Lintas Selatan, Patihan, Sanden, Bantul. Biaya masuk hanya sebesar 4.000 /orang dan juga buka 24 jam.

Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti juga salah satu wisata pantai Jogja yang sangat mempesona dengan hamparan pasir putihnya yang bersih dan bebas polusi. Selain pantainya yang terawat dan bersih, panorama alam di sekitarnya juga tidak kalah menarik. Jika jangan lewatkan untuk datang ke tempat ini.

Alamatnya ada di Jl. Ngasem, Sidoharjo, Tepus, Gunung Kidul. Tiket masuknya sebesar Rp10.000 /orang, dan buka 24 Jam.

Bukit Bintang

Selanjutnya wisata bukit Jogja yang tidak pernah sepi pengunjung adalah Bukit Bintang. Dari ketinggian bukit ini, Anda bisa melihat dan menikmati pemandangan hamparan Kota Jogja yang mempesona.

Baca juga:  11 Tempat Wisata Populer di Malang Terbaru

Selain itu, Anda juga bisa menikmati berbagai wisata kuliner Jogja yang dijajakakan di sekitar kawasan wisata. Jangan lupa untuk mengabadikan momen ini dengan mengambil gambar Bukit Bintang.

Alamatnya ada di Sri Mulyo, Patuk, Gunung Kidul. Free HTM dan buka 24 Jam.

Puncak Becici

Selain bukit bintang, wisata puncak Jogja lain yang populer adalah Puncak Becici. Di puncak ini, Anda bisa menikmati pemandangan perbukitan yang sangat indah. Alamnya pun masih sangat asri, sehingga menjadi daya tarik tersendiri. Disini, Anda bisa melihat momen sunset yang mempesona saat menjelang terbenamnya matahari.

Alamatnya ada di Gunung Cilik, Muntuk, Dlingo, Bantul. Retribusinya sebesar Rp2.500 / orang dan buka mulai pukul 06.00 – 19.00 WIB.

Goa Pindul

Satu lagi, wisata goa di Gunung Kidul yang tidak boleh Anda lewatkanadalah Goa Pindul. Goa ini memiliki daya tarik wisata keindahan alam yang indah.

Ketika memasuki di dalam goa, Anda akan menyaksikan pemandangan stalaktit dan stalagmit. Di dalam goa sepanjang ± 350 m ini, Anda akan melewati zona tenang, zona remang, dan zona gelap.

Alamatnya ada di Gelaran 2, Bejiharjo, Karangmojo, Gunung Kidul. Untuk biaya masuk sebesar Rp10.000 – Rp40.000 / orang, dan buka 07.00 – 16.30 WIB.

Sindu Kusuma Edupark

Kali ini, ada Sindu Kusuma Edupark untuk menikmati aneka wahana permainan untuk segala usia, mulai orang tua hingga anak-anak bisa bermain-main disini. Berbagai wahana seperti biang Lala dan kolam renang dapat Anda coba bersama teman dan keluarga.

Alamatnya ada di Jl. Kragilan, Sinduadi, Mlati, Sleman. Tiket masuknya cukup murah yaitu Rp10.000 – Rp50.000 / orang dan buka mulai 08.00 – 21.00 WIB

Kids Fun Park

Terakhir ada taman rekreasi Kids Fun Park yang terletak di jalan Imogiri Barat KM 5,5, Yogyakarta. Taman ini cocok untuk anak-anak dan keluarga yang mencari hiburan dan rekreasi. Taman ini menawarkan berbagai wahana permainan dan atraksi seperti flying fox, kolam renang, permainan air, dan masih banyak lagi.

Pantai Parangtritis

Siapa yang tidak mengenal pantai Parangtritis? wisata laut paling populer di Jogja yang selalu ramai oleh pengunjung. Bagi Anda yang sedang berlibur di Jogja, kurang lengkap rasanya jika tidak mengunjungi pantai ini.

Berbeda dengan pantai lain di Jogja, selain menawarkan keindahan, Pantai Parangtritis juga menyimpan sejarah dan cerita mistis. Alamatnya ada di Jl. Parangtritis, Kretek, Bantul, Yogyakarta. Tiket masuknya sebesar Rp10.000 /orang dan buka 24 Jam.