Daftar Tempat Wisata di Magelang – Anda pernah mencoba wisata di Magelang? Jika belum, pertimbangkan untuk mengunjungi kota ini untuk liburan Anda berikutnya. Magelang dan sekitarnya memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, terletak dekat dengan Jogja, Semarang, dan Solo sehingga mudah dijangkau.

Selain Candi Borobudur, Magelang menawarkan beragam destinasi wisata menarik yang patut Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam, sejarah, kuliner, hingga tempat-tempat kekinian yang sedang populer. Kami telah merangkum berbagai pilihan ini agar Anda dapat dengan mudah memilih destinasi yang ingin dikunjungi.

Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat wisata di Magelang yang bisa Anda kunjungi:

10 Daftar Tempat Wisata di Magelang

Candi Borobudur

Destinasi paling populer di Magelang, Candi Borobudur merupakan candi Buddha terbesar di dunia dan menjadi ikon wisata Magelang. Dibangun antara tahun 780-840 Masehi pada masa Mataram Kuno, candi ini termasuk dalam daftar keajaiban dunia. Dengan stupa-stupa yang megah dan pemandangan yang indah, Candi Borobudur menjadi destinasi wajib yang sayang untuk dilewatkan bersama keluarga.

Ada dua jenis paket kunjungan yang ditawarkan di Candi Borobudur, yaitu paket Borobudur–Prambanan dan Borobudur–Ratu Boko, dengan harga Rp75.000 per orang dewasa dan Rp35.000 untuk anak-anak usia 3 hingga 10 tahun. Untuk wisatawan lokal, tiket masuk adalah Rp50.000 per orang untuk usia 10 tahun ke atas, Rp25.000 untuk anak-anak usia 3 hingga 10 tahun, dan Rp25.000 per orang untuk rombongan minimal 20 orang. Candi ini berlokasi di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur, Kec. Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, dan buka setiap hari pukul 06.30-16.30 WIB.

Baca juga:  Daftar Tempat Wisata di Gunung Kidul 

Enam Langit by Plataran

Cukup fancy, destinasi wisata baru ini sedang populer di Magelang adalah Enam Langit by Plataran, yang terletak di kawasan hijau perbukitan Menoreh. Tempat ini menawarkan panorama menakjubkan dari enam gunung di Pulau Jawa dan menjadi favorit di kalangan wisatawan. Enam Langit by Plataran dapat digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pertemuan, piknik, makan siang, menikmati sunrise atau sunset, meditasi, yoga, outbound, dan fotografi.

Berlokasi di Desa Candirejo, Kecamatan Borobudur, Enam Langit by Plataran mudah diakses dengan kendaraan pribadi dan buka dari jam 07.00 hingga 17.00 WIB. Jika Anda ingin merasakan sensasi menikmati kuliner di atas awan dengan pemandangan Magelang, siapkan dana sekitar Rp175.000 hingga Rp1.800.000 tergantung jenis paket yang dipilih.

Desa Wisata Candirejo

Selanjutnya ada Desa Wisata Candirejo di Kecamatan Borobudur, Magelang, menawarkan banyak pengalaman dalam satu lokasi. Terletak di lereng gunung, desa ini dikelilingi oleh pemandangan perbukitan yang indah. Di bagian selatan desa, terdapat hamparan hijau dengan panorama alam menakjubkan yang di kenal sebagai Perbukitan Menoreh.

Bagi Anda yang suka berpetualang, cobalah offroad di Desa Wisata Candirejo. Anda akan melewati jalur Perbukitan Menoreh, menyeberangi Kali Progo, hingga mencapai Watu Kendil. Selain itu, Anda juga bisa merasakan pengalaman menangkap ikan di sungai dengan cara tradisional menggunakan bronjong, alat tangkap khas desa ini. Pengalaman menangkap ikan di sungai ini tentunya jarang ditemui di kota.

Gunung Telomoyo

Gunung Telomoyo secara administratif berada di antara Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang. Area ini populer di kalangan wisatawan karena aksesnya yang sangat mudah di bandingkan dengan gunung lainnya. Anda dapat mencapai puncak gunung setinggi 1.894 mdpl langsung dengan kendaraan tanpa perlu berjalan kaki, dan menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Populer di Bali Wajib di Kunjungi

Alamat Gunung Telomoyo adalah di Jl. Dalangan, RT.2/RW.2, Hutan/Sawah, Pandean, Ngablak, Magelang. Tiket masuknya seharga Rp15.000 per orang, dan gunung ini buka selama 24 jam.

Candi Selogriyo

Selain Candi Borobudur, Magelang juga memiliki Candi Selogriyo yang terletak di lereng Gunung Sumbing. Candi ini berada di lokasi terpencil di antara Bukit Giyanti, Bukit Condong, dan Bukit Malang. Candi Selogriyo merupakan peninggalan purbakala yang di perkirakan dibangun pada masa Mataram Kuno, dan menjadi bukti perkembangan nilai-nilai agama Hindu.

Terletak di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Candi ini di kelilingi oleh perbukitan yang menawarkan pemandangan pegunungan yang indah dan udara sejuk yang menenangkan. Tiket masuknya seharga Rp7.000 untuk wisatawan domestik dan Rp25.000 untuk wisatawan mancanegara.

Puncak Suroloyo

Terletak di kawasan pegunungan Menoreh, Puncak Suroloyo adalah tujuan yang ideal bagi Anda yang ingin menikmati pemandangan matahari terbit dan terbenam. Dengan ketinggian 1.000 mdpl, akses menuju puncaknya cukup mudah. Anda dapat mencapai puncak setelah melewati anak tangga yang tidak terlalu jauh dari tempat parkir.

Puncak Suroloyo juga memiliki keunikan tersendiri dengan legenda tentang Raden Mas Rangsang yang diyakini pernah bertapa di puncak ini. Lokasinya berada di Onggosoro, Giritengah, Kecamatan Borobudur, Magelang, di perbatasan dengan Kulon Progo. Tiket masuknya seharga Rp5.000 per orang.

Taman Wisata Kopeng

Terletak di lereng Gunung Merbabu, Taman Wisata Kopeng menawarkan kesempatan untuk menikmati alam sambil bermain berbagai wahana bersama keluarga. Di sini, Anda bisa mencoba kolam renang, paintball, outbound, ATV, hingga berkemah. Suasana alam yang sejuk dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik utama tempat ini.

Taman Wisata Kopeng beralamat di Jl. Magelang – Salatiga No.KM. 15, Dukuh, Kopeng, Getasan, Semarang. Harga tiket masuk berkisar antara Rp20.000 hingga Rp150.000 per orang. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB, sementara resort-nya buka 24 jam.

Baca juga:  10 Daftar Tempat Wisata Populer di Cilacap 

Gereja Ayam

Selanjutnya Gereja Ayam, merupakan destinasi wisata religi di Magelang yang terletak hanya 20 menit dari Candi Borobudur. Warga Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kabupaten Magelang, memberi nama ini karena bentuk bangunannya yang menyerupai ayam. Gereja ini di bangun oleh Daniel Alamsjah pada tahun 1990 dan semakin populer setelah muncul dalam film Ada Apa dengan Cinta 2.

Untuk menikmati keunikan Gereja Ayam, pengunjung di kenakan tarif masuk sekitar Rp25.000 per orang. Gereja ini buka dari hari Rabu hingga Senin, mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Nepal van Java

Nepal van Java adalah destinasi wisata di Magelang yang sedang populer belakangan ini. Terletak di ketinggian 1.620 mdpl, tepatnya di bawah kaki Gunung Sumbing, tempat ini menawarkan pemandangan yang mengingatkan pada Pegunungan Himalaya di Nepal. Di Dusun Butuh, pengunjung akan di suguhi panorama indah dengan udara yang dingin dan sejuk.

Pada pagi hari, matahari terbit terlihat sangat jelas dan mempesona dari dusun ini. Sementara itu, di malam hari, pengunjung dapat melihat hamparan bintang yang bertaburan di langit dengan jelas.

Silancur Highland

Terakhir Silancur Highland, destinasi wisata di Magelang yang terletak di kawasan Kaliangkrik, berada di ketinggian 1.300 mdpl dan menawarkan panorama alam yang indah dan menakjubkan. Dari sini, Anda dapat menikmati pemandangan Gunung Sumbing dan deretan Gunung Merapi. Lokasinya berada di Dusun Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik, sekitar 15 km dari pusat Kota Magelang, dan dapat dengan mudah di akses menggunakan mobil.

Untuk menikmati sejuknya udara pegunungan, Anda hanya perlu membayar biaya sekitar Rp10.000 hingga Rp20.000 per orang. Silancur Highland buka 24 jam, sehingga Anda tidak perlu khawatir jika datang terlalu malam.

Itulah daftar tempat wisata di Magelang, yang tidak hanya memberikan pesona alam yang menakjubkan tetapi juga memanjakan pengunjung dengan berbagai kegiatan dan atraksi yang dapat di nikmati sepanjang tahun.