Daftar Tempat Wisata di Gunung Kidul – Saat berlibur ke Gunung Kidul, beberapa destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan adalah Gua Pindul, Pantai Gesing, dan Air Terjun Sri Gethuk. Gunung Kidul sangat populer di kalangan wisatawan karena menawarkan banyak spot wisata menarik untuk dikunjungi. Kabupaten ini terletak di bagian selatan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gunung Kidul adalah salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan ibu kotanya Wonosari. Wilayahnya memiliki luas 1.485,36 km², yang mencakup sekitar 46,63% dari keseluruhan luas Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini beriklim tropis dan didominasi oleh perbukitan karst, yang menyimpan banyak goa alam serta sungai bawah tanah.

Dari pantai dengan pemandangan yang menakjubkan hingga air terjun yang menyegarkan, berikut adalah rekomendasi tempat wisata di Gunungkidul yang harus Anda kunjungi saat berlibur bersama keluarga

9 Daftar Tempat Wisata di Gunung Kidul

Gua Jomblang

Destinasi pertama daftar wisata di Gunung Kidul yang menawarkan pemandangan yaitu Gua Jomblang. Terletak di Jetis Wetan, Pacarejo, Kecamatan Semanu, Gunung Kidul, Yogyakarta. Keistimewaan utama gua ini adalah cahaya alami yang memasuki gua melalui celah di langit-langit, menciptakan panorama yang memukau dan sering disebut sebagai cahaya surga. Pengunjung dapat menyaksikan keindahan gua ini dengan masuk ke dalam gua hingga kedalaman 60-80 meter.

Gua Jomblang menarik wisatawan dengan suasana yang unik dan pemandangan yang memukau. Di mana cahaya matahari yang masuk secara alami menciptakan efek visual yang sangat menakjubkan di dalam gua. Untuk merasakan pengalaman ini, pengunjung dapat mengunjungi gua pada jam operasionalnya yang dimulai dari pukul 08.00 hingga 14.00 WIB setiap hari. Dengan harga tiket masuk berkisar antara Rp450.000 hingga Rp1.000.000 per orang.

Baca juga:  12 Daftar Tempat Wisata Populer di Padang

Pantai Kesirat

Pantai Kesirat adalah salah satu tujuan wisata yang sangat populer di Gunungkidul, menawarkan pemandangan laut yang luas dari tebing karang yang memukau dan cocok untuk bersantai. Keunikan dari pantai ini adalah hamparan tanah berumput yang nyaman untuk dikunjungi. Dengan pemandangan matahari terbenam yang indah karena lokasinya menghadap ke barat, berada di Dusun Karang, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang.

Pantai Kesirat buka selama 24 jam dengan tiket masuk terjangkau sekitar Rp 5.000 per orang. Namun, waktu terbaik untuk menikmati pengalaman ini adalah sore menjelang malam agar dapat menikmati pemandangan sunset yang memukau.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Termasuk yang paling populer, Gunung Api Purba terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Untuk mencapai puncak dari kaki gunung, pengunjung biasanya memerlukan waktu sekitar 50 menit hingga satu jam. Dengan ketinggian sekitar 700 meter di atas permukaan laut (mdpl), gunung ini menawarkan pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam yang spektakuler.

Selain itu, di sekitar puncak terdapat camping ground yang memungkinkan pengunjung untuk berkemah, hanya berjarak sekitar 50 meter dari puncak gunung.

Bukit Paralayang Watugupit

Tidak hanya pantai, destinasi wisata Bukit Paralayang Watugupit, terletak di Desa Giricahyo, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul, adalah destinasi populer untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau. Terletak di kawasan perbukitan dekat Pantai Parangtritis, tempat ini menawarkan panorama yang mengagumkan dari pegunungan dan pantai. Banyak pengunjung datang ke sini untuk menikmati keindahan matahari terbenam di atas hamparan lautan yang berwarna biru kebiruan.

Selain sebagai tempat menikmati pemandangan alam, Bukit Paralayang Watugupit juga merupakan spot favorit untuk aktivitas paralayang. Pengunjung yang tertarik dapat menikmati pengalaman ini dengan aman, karena tersedia pemandu bersertifikat yang menjalankan prosedur keamanan ketat. Tempat ini buka setiap hari mulai dari jam 09.00 hingga 19.00 WIB dengan harga tiket masuk sekitar Rp 10.000 per orang. Untuk mereka yang ingin berparalayang, tersedia opsi dengan biaya tambahan sekitar Rp 350.000 hingga Rp 400.000 per orang.

Baca juga:  5 Tempat Nongkrong di Canggu Bali

Gua Pindul

Gua Pindul terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta. Dan buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 17.00 WIB. Untuk dapat menikmati pengalaman cave tubing di Gua Pindul, pengunjung perlu membayar tiket masuk mulai dari Rp40.000 hingga Rp50.000. Aktivitas ini memungkinkan pengunjung untuk menyusuri gua dengan menggunakan ban yang mengapung di atas aliran sungai, menciptakan pengalaman petualangan yang unik.

Kunjungan ke Gua Pindul pada pagi hingga siang hari memungkinkan pengunjung untuk menyaksikan keindahan pancaran cahaya matahari yang masuk ke dalam gua, mirip dengan pengalaman yang ada di Gua Jomblang.

Air Terjun Kedung Kandang

Selanjutnya ada Air Terjun Kedung Kandang, yang terletak di wilayah antara persawahan penduduk dengan dasar batuan vulkanik bertingkat. Yang terletak di sebelah selatan Gunung Api Purba Nglanggeran. Untuk mencapai air terjun ini, pengunjung harus melakukan trekking dari tempat parkir melalui jalan setapak. Dalam waktu 15-30 menit perjalanan, pengunjung akan tiba di air terjun bertingkat yang menawarkan pemandangan alam yang memukau.

Keindahan Air Terjun Kedung Kandang dapat dinikmati setelah melewati perjalanan trekking singkat melalui jalur setapak. Melintasi wilayah persawahan dan batuan vulkanik. Air terjun bertingkat ini memberikan pengalaman alam yang menakjubkan bagi para pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan alamnya.

Heha Sky View

Heha Sky View, tempat wisata yang sedang populer di Gunungkidul, terletak di kawasan perbukitan yang menawarkan pemandangan memukau dari kota Yogyakarta dan sekitarnya. Pengunjung disarankan untuk mengunjungi tempat ini menjelang malam agar dapat menikmati matahari terbenam yang spektakuler. Di malam hari, pemandangan gemerlap Yogyakarta dari atas bukit juga menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga:  Nama-Nama Bukit di Papua Terpopuler

Untuk masuk ke Heha Sky View, pengunjung perlu membayar tiket sekitar Rp 10.000 hingga Rp 20.000, tergantung pada jam dan hari kunjungan. Tempat ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik seperti wahana balon udara, gembok cinta, dan spot foto di lantai kaca dengan biaya tambahan sekitar Rp 20.000 hingga Rp 50.000. Selain itu, terdapat aneka food stall untuk memenuhi kebutuhan kuliner pengunjung, serta spot-spot foto yang menarik untuk mengabadikan momen berharga.

Puncak Segoro

Puncak Segoro, terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Gunung Kidul, Yogyakarta, merupakan destinasi wisata yang populer di kalangan pengunjung. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 18.00 WIB dengan harga tiket masuk sekitar Rp5.000. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah dari Puncak Segoro serta berfoto di berbagai spot menarik seperti ayunan kayu, kereta kencana, dan spot lainnya dengan biaya tambahan sekitar Rp15.000.

Puncak Segoro menjadi tujuan favorit para wisatawan yang ingin menikmati panorama alam Gunung Kidul. Selain menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat mengabadikan momen berharga di berbagai spot foto yang tersedia di sana.

Pantai Wediombo

Menurut cerita yang beredar, Pantai Wediombo dikatakan merupakan bekas kawah gunung berapi yang terendam di bawah permukaan laut. Bentuk teluknya berbentuk setengah lingkaran dan menghadap ke arah barat. Pengunjung disarankan untuk mengunjungi pantai ini pada sore hari untuk menikmati pemandangan matahari terbenam yang memukau dari tepi pantai.

Kunjungan ke Pantai Wediombo pada sore hari sangat direkomendasikan karena pengunjung dapat menyaksikan keindahan alam yang menakjubkan saat matahari terbenam di cakrawala pantai tersebut.

Dengan beragam pilihan tempat wisata seperti ini, Gunung Kidul memang menjadi destinasi yang sangat menarik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman liburan yang berkesan.