AC Mobil Elf – Mobil Elf dilengkapi dengan sistem AC yang penting untuk menjaga kenyamanan di dalam kabin. Namun, seperti halnya dengan mobil lainnya, AC juga memerlukan perawatan dan perbaikan secara berkala. Memahami komponen-komponen utama dalam sistem AC Elf dan biaya perbaikannya dapat membantu pemilik mobil untuk merawat dan mengatasi masalah AC dengan lebih efisien.

Salah satu komponen utama dalam AC mobil Elf adalah kompresor, yang bertanggung jawab untuk mengompres refrigeran dan mendorongnya melalui seluruh sistem. Biaya perbaikan kompresor bisa bervariasi tergantung pada kerusakan yang terjadi, mulai dari penggantian seal atau bearing hingga penggantian seluruh unit kompresor.

Selain itu, berikut beberapa komponen-komponen perangkat AC mobil Elf yang perlu Anda ketahui untuk melakukan perawatan. Serta estimasi biaya perbaikan komponen-komponen AC mobil yang bisa Anda jadikan gambaran ketika terjadi sesuatu pada AC mobil Elf Anda.

Kegunaan AC Mobil

Fungsi AC dalam kendaraan tidak terbatas hanya pada penyejukan udara di dalam kabin. AC mobil memiliki beragam manfaat lain yang tidak boleh diabaikan. Apa saja kegunaan lain dari AC mobil tersebut? Berikut ini adalah gambaran singkatnya!

Mengontrol suhu udara di dalam kabin

Salah satu fungsi utama AC adalah mengatur suhu udara di dalam mobil. Di setiap kendaraan, terdapat kontrol suhu yang memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk mengatur suhu sesuai kebutuhan. Pengaturan suhu ini bisa disesuaikan antara panas dan dingin, dengan beberapa kendaraan hanya memiliki opsi untuk mengatur tingkat kesejukan.

Baca juga:  Kelebihan dan Keunggulan Mobil Elf: Kenali Sebelum Membeli

Biasanya, pengaturan suhu ini disesuaikan dengan kondisi cuaca luar mobil. Jika cuaca panas, penggunaan AC dengan tingkat kesejukan sedang hingga tinggi diperlukan, tetapi jika cuaca luar dingin, tingkat kesejukan AC dalam kabin dapat dikurangi.

Mengatur Sirkulasi Udara

Umumnya, mobil dilengkapi dengan kontrol aliran udara ketika AC diaktifkan. Kontrol ini memungkinkan pengguna untuk memilih apakah udara luar dimasukkan ke dalam kabin atau udara dari dalam kabin dikeluarkan ke luar. Selain itu, pengguna dapat mengatur arah aliran udara sesuai keinginan mereka. Aliran udara dapat diarahkan ke bagian tubuh, wajah, atau kaki, atau bahkan ke kaca untuk mengatasi embun yang mungkin terjadi saat suhu luar lebih dingin.

Menjernihkan Udara

Salah satu manfaat utama AC adalah kemampuannya untuk membersihkan udara. AC dapat mengubah udara yang kotor menjadi udara yang segar dan bersih. Sebagian udara yang telah di hirup oleh penumpang dan kemudian di keluarkan dalam bentuk CO2 akan di saring melalui filter AC sebelum kembali di salurkan ke luar kabin. Oleh karena itu, penting untuk secara rutin mengganti filter AC agar udara yang di hasilkan oleh AC mobil tetap bersih dan segar.

Komponen-Komponen AC Mobil Elf

Kompresor

Kompresor merupakan komponen kunci dalam sistem pendinginan mobil Isuzu Elf. Fungsinya adalah mengompres freon agar dapat mengalir ke seluruh sistem AC. Kompresor terdiri dari dua saluran, yaitu saluran hisap dan saluran buang. Saluran hisap bertujuan untuk menarik freon dari evaporator dengan tekanan rendah, sementara saluran buang bertugas mengeluarkan freon dengan tekanan tinggi ke kondensor. Dengan cara ini, kompresor memainkan peran penting dalam mengatur aliran freon dalam sistem AC mobil.

Baca juga:  Mobil Toyota Hiace 200 Jutaan, Masih Worth It?

Kondensor

Kondensor adalah komponen yang berfungsi sebagai pendingin dengan cara mengeluarkan panas dari freon. Proses ini didukung oleh cooling fan, yang juga dikenal sebagai extra fan pada mobil. Biasanya, dalam mobil terdapat dua kipas yang terletak berdekatan dengan radiator.

Kipas pertama, yaitu kipas radiator, bertugas untuk menjaga suhu radiator agar tidak terlalu panas. Sementara itu, extra fan aktif saat kompresor AC mobil di hidupkan. Kipas ini membantu dalam proses pendinginan freon di dalam kondensor AC.

Receiver Dryer

Receiver Dryer berperan penting dalam sistem AC dengan menyaring kotoran yang masuk ke dalamnya. Fungsi utamanya adalah memastikan sirkulasi udara yang di hasilkan oleh AC tetap bersih dan sehat dengan menjaga agar partikel-partikel kotoran tidak mencemari udara. Karena perannya sebagai penyaring kotoran, penting untuk membersihkannya secara teratur.

Disarankan untuk membersihkan receiver dryer setidaknya satu tahun sekali, namun melakukan pembersihan lebih sering akan lebih baik untuk menjaga kinerjanya yang optimal.

Evaporator

Evaporator berperan penting dalam sistem AC dengan menyerap udara panas dan mengubahnya menjadi udara yang sejuk. Sebagai bagian akhir dari proses kerja AC, evaporator menerima udara yang telah di proses sebelumnya oleh kompresor dan mendinginannya sebelum udara tersebut di salurkan ke dalam kabin.

Seperti komponen AC lainnya, evaporator membutuhkan perawatan yang rutin. Jika tidak di bersihkan secara teratur, jelaga dapat mengendap dan bahkan menyebabkan pertumbuhan jamur. Hal ini dapat mengakibatkan udara yang di tiup oleh AC mobil menjadi berbau tidak sedap.

Expansion Valve

Expansion valve merupakan sebuah katup ekspansi yang berperan dalam mengubah freon dari fase cair menjadi fase gas dalam sistem AC. Proses ini melibatkan penurunan tekanan dari freon yang bertekanan tinggi saat memasuki katup ekspansi. Katup ekspansi ini memiliki tiga bentuk yang umum, yaitu berbentuk L, kotak atau persegi, dan berbentuk seperti isi pulpen.

Baca juga:  Toyota Hiace 2021, Spesifikasi dan Harganya Terkini

Biasanya Perbaikan AC Mobil Elf

Jika AC mobil Isuzu Elf Anda mengalami masalah seperti tidak dingin, bau tak sedap, suara berisik, hembusan udara lemah, atau timbulnya tetesan air, mungkin sudah waktunya untuk melakukan perbaikan. Biaya perbaikan AC mobil Isuzu Elf dapat bervariasi tergantung pada daerah tempat Anda tinggal.

Berikut ini adalah perkiraan biaya jasa yang mungkin Anda keluarkan untuk memperbaiki AC mobil Anda:

  • Flushing oli kompresor sekitar Rp700.000,00
  • Spare part seperti seal, thrust bearing, soe, dan shaft seal sekitar Rp475.000,00
  • Magnetic clutch sekitar Rp380.000,00
  • Isi freon sekitar Rp200.000,00
  • Kuras kondensor sekitar Rp175.000,00
  • Ganti kondensor sekitar Rp500.000,00
  • Receiver dryer mulai dari Rp90.000,00
  • Expansion Valve mulai dari Rp200.000,00
  • Fan belt mulai dari Rp40.000,00 dan extra fan mulai dari Rp300.000,00
  • Evaporator sekitar Rp800.000,00 hingga Rp1,3 juta
  • Kompresor AC mulai dari Rp2 juta

Pastikan untuk memeriksa harga dan ketersediaan di bengkel terdekat sebelum melakukan perbaikan.