Daftar Tempat Wisata di Bekasi – Meskipun sering dianggap sebagai daerah yang padat dan terpencil, Bekasi sebenarnya memiliki banyak tempat wisata menarik. Kabupaten Bekasi terletak di sebelah timur Provinsi DKI Jakarta. Menurut informasi dari jabarprov.go.id, nama “Bekasi” berasal dari kata Candrabhaga, yang dalam bahasa Jawa Kuno artinya bagian dari bulan, dengan “candra” berarti bulan dan “bhaga” berarti bagian.

Anda tidak perlu meninggalkan Bekasi untuk menemukan berbagai destinasi wisata menarik. Di sini, tersedia berbagai pilihan seperti wisata air, agrowisata, dan tempat-tempat ramah anak. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Bekasi yang bisa Anda kunjungi.

12 Daftar Tempat Wisata di Bekasi

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Bekasi yang dapat menjadi pilihan.

Taman Buaya Indonesia Jaya

Salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi di Bekasi adalah Taman Buaya Indonesia Jaya. Di sini, banyak buaya yang dipelihara dan tempat ini juga berfungsi sebagai wisata edukasi. Taman ini memiliki lima kolam besar yang dapat menampung sekitar 100 ekor buaya.

Setiap kolam dilengkapi dengan pagar besi setinggi 1,5 meter untuk memastikan keamanan pengunjung. Lokasinya terletak di Jalan Raya Serang Cibarusah, Desa Sukaragam, Kabupaten Bekasi.

Transera Waterpark

Transera Waterpark adalah destinasi wisata unik yang menawarkan dua zona berbeda: zona air dan zona tanpa air. Selain cocok untuk liburan, Transera Waterpark juga menyediakan paket untuk acara keluarga atau perusahaan yang ingin diadakan di sana.

Terletak di Kota Harapan Indah Boulevard Kavling V Sektor VI, Pusaka Rakyat, Tarumajaya, Bekasi, Jawa Barat 17214, tempat ini buka dari Senin hingga Jumat pukul 10.00-18.00, serta pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional pukul 08.00-18.00. Harga tiket masuknya adalah Rp95.000.

Baca juga:  10 Daftar Tempat Wisata Populer di Samarinda 

Go! Wet Waterpark Grand

Ingin bersenang-senang bermain air bersama keluarga? Go! Wet Waterpark di Grand Wisata Bekasi adalah tempat yang sangat cocok untuk menikmati berbagai jenis wahana permainan air.

Anda bisa mencoba wahana seperti Go! Splash, Go! Boomer, Go! Twist, dan Go! Wave, yang masing-masing menawarkan keseruan berbeda, termasuk ombak buatan dan corong raksasa. Selain itu, tersedia fasilitas lengkap seperti musala, WC umum, loker, tempat makan, toko suvenir, dan area parkir. Untuk masuk ke sini, biaya minimalnya adalah Rp75.000.

Rainbow Garden

Selanjutnya ada Rainbow Garden, merupakan destinasi outdoor yang cocok untuk anak-anak saat berlibur ke Bekasi. Tempat ini menyediakan berbagai wahana sederhana namun menyenangkan, seperti mobil-mobilan, odong-odong, dan kuda-kudaan.

Selain anak-anak, orang tua juga bisa menikmati waktu di sini berkat lampu-lampu berwarna pelangi yang indah, menciptakan latar belakang yang menarik untuk berfoto. Lokasinya berada di Jalan Harapan Indah Boulevard, Tarumajaya, Bekasi, dan buka setiap hari dari pukul 12.00 hingga 22.00 WIB.

Sabana Deltamas

Sabana Deltamas adalah padang rumput yang terkenal dengan atmosfer otentik dan romantisnya, menjadikannya lokasi yang ideal untuk foto pre-wedding. Tempat ini menawarkan pemandangan menakjubkan yang sering digunakan untuk pemotretan.

Selain sebagai lokasi pemotretan, Sabana Deltamas memiliki padang rumput luas yang cocok untuk relaksasi dan melepas penat. Terletak di Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530, tempat ini buka setiap hari dari pukul 06.00 hingga 18.00 dan tidak di kenakan biaya masuk.

Ekowisata Mangrove Muara Gembong

Tempat wisata ini bertujuan untuk memperkenalkan ekosistem mangrove yang terdapat di Desa Pantai Mekar, Bekasi. Di sini, pengunjung bisa melihat berbagai jenis mangrove, seperti bakau jeruju, atep, dan pidada.

Baca juga:  10 Coffee Shop 24 Jam Jogja, Ada Legend Coffe Hingga Ethikopia

Ekowisata Mangrove Muara Gembong adalah destinasi wisata Instagramable di Bekasi, yang di dirikan melalui kerja sama antara pemerintah provinsi Jawa Barat dan Pertamina EP. Lokasi ini ideal untuk di jelajahi bersama teman atau keluarga, dengan tiket masuk yang terjangkau, hanya Rp5000.

Trans Snow World Bekasi

Trans Snow World Bekasi adalah destinasi liburan yang menawarkan berbagai wahana menarik. Pengunjung dapat menikmati snow playground, ski, kereta gantung, dan sliding. Area sliding dengan jalur berliku-liku memungkinkan Anda merasakan keseruan menaiki Sledge dan Snow Tube.

Fasilitas di Trans Snow World Bekasi sangat lengkap, termasuk restoran, toilet, ruang menyusui, tempat penitipan barang, dan toko. Tiket masuk bisa dipesan secara online melalui bekasi.transsnowworld.com. Lokasinya berada di Jl. Cut Mutia No.180, RT.003/RW.011, Margahayu, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi. Jam buka adalah pukul 10.00-18.00 WIB pada hari kerja dan pukul 10.00-20.00 WIB pada akhir pekan.

Pantai Bendera

Pantai Bendera adalah destinasi yang berjarak sekitar 30 kilometer dari Kota Bekasi, menawarkan ketenangan yang jarang di temukan di pantai lain. Karena belum banyak yang mengetahui keberadaannya, pantai ini menjadi pilihan sempurna bagi mereka yang mencari kedamaian dengan di temani suara ombak yang menenangkan.

Terletak di Muara Gembong, Bekasi, Jawa Barat, Pantai Bendera buka 24 jam dan tidak di kenakan biaya masuk.

Curug Parigi

Curug Parigi menawarkan keunikan tersendiri dengan bentuknya yang tidak terlalu tinggi namun melebar, mirip dengan karakteristik Air Terjun Niagara kecil. Tempat ini bisa di kunjungi kapan saja karena tidak memiliki batasan jam buka dan tidak ada biaya masuk yang harus di bayarkan. Dengan hanya satu jam perjalanan dari Kota Jakarta, pengunjung dapat menikmati suasana alam yang segar dengan suara air terjun yang menenangkan.

Wisata Curug Parigi sangat cocok untuk liburan singkat bersama rekan, pasangan, atau keluarga karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dan pemandangan alamnya yang indah dan menenangkan.

Baca juga:  11 Daftar Tempat Wisata di Purworejo 

Situ Cibeureum

Salah satu destinasi alam menarik lainnya di Bekasi adalah Situ Cibeureum. Tempat ini terkenal dengan danau yang luas dan menawarkan pengalaman berwisata air, seperti naik perahu keliling danau. Keindahan Situ Cibeureum semakin menawan terutama saat senja tiba, memberikan kesempatan untuk mengabadikan momen indah senja dengan latar belakang pemandangan yang memesona.

Terletak di Lambangjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Situ Cibeureum tidak mengenakan biaya tiket masuk, namun pengunjung perlu membayar biaya parkir. Tempat ini sangat cocok untuk dinikmati bersama keluarga atau teman untuk menghabiskan waktu santai di alam terbuka.

Gedung Juang ’45

Gedung Juang ’45, yang juga di kenal dengan sebutan Gedung Tinggi, adalah sebuah monumen bersejarah yang menjadi simbol perjuangan masyarakat Bekasi pada masa penjajahan Belanda. Tempat ini menyimpan banyak cerita dan kenangan dari masa lalu yang kini menjadi bagian penting dari sejarah lokal.

Terletak di Jalan Sultan Hasanudin No.39, Mekarsari, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17510, Gedung Juang ’45 buka untuk umum pada hari Selasa hingga Minggu dari jam 09.00 hingga 16.00. Pengunjung dapat mengunjungi gedung ini secara gratis dan belajar lebih dalam tentang perjuangan yang dilakukan oleh masyarakat Bekasi dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Taman Rusa Kemang Pratama

Jika Anda mencari tempat santai untuk refreshing di akhir pekan sambil menikmati pemandangan binatang berkeliaran bebas, Taman Rusa Kemang Pratama adalah pilihan ideal. Di sini, Anda dapat mengajak keluarga melihat kelompok rusa ber motif tutul yang berlarian bebas di area taman, sambil menikmati piknik santai di bawah naungan pepohonan yang rindang.

Tidak dikenakan biaya masuk ke area rekreasi edukatif ini, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa, termasuk memberi makan yang dapat dibeli dari pedagang sayuran di sekitar area taman.

Itulah berbagai pilihan tempat wisata di Bekasi yang telah disebutkan, sudahkah Anda memilih destinasi pertama yang ingin dikunjungi saat akhir pekan atau waktu luang?