Daftar Tempat Wisata di Purworejo – Purworejo memiliki banyak lokasi menarik untuk wisata, yang dipengaruhi oleh geografi kabupaten ini di Provinsi Jawa Tengah. Namun, sayangnya, tempat-tempat wisata di Purworejo belum banyak dikenal oleh para wisatawan.

Memilih destinasi wisata terbaru di Purworejo akan meningkatkan kesenangan liburan Anda, terutama jika bersama orang-orang tercinta. Banyak pengunjung mencari penawaran tiket murah untuk menikmati keindahan alam dan kekayaan budaya yang ditawarkan oleh kota ini.

Dari keindahan alam hingga kekayaan budaya, berikut adalah beberapa destinasi potensial di Purworejo yang masih belum terlalu dikenal.

11 Daftar Tempat Wisata di Purworejo

Curug Muncar

Destinasi pertama ada Curug Muncar, merupakan air terjun yang tingginya sekitar 70 meter, dikelilingi oleh tebing curam dan hutan hijau yang lebat. Di bawahnya terdapat kolam luas yang sering digunakan untuk berenang dan bermain air, serta beberapa spot foto yang menarik untuk diabadikan di media sosial.

Untuk masuk ke Curug Muncar, pengunjung perlu membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang. Selain itu, tersedia juga fasilitas parkir dengan biaya Rp2.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Tempat ini dapat dikunjungi setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Pantai Jetis

Salah satu pantai terkenal di Purworejo adalah Pantai Jetis di Desa Patutrejo, Kecamatan Grabag. Akses menuju pantai ini sangat mudah melalui jalan raya Kutoarjo-Ketawang atau Jalan Daendels. Pengunjung dapat menikmati Pantai Jetis tanpa biaya masuk, kecuali pada hari libur Idul Fitri.

Biaya penitipan kendaraan di Pantai Jetis adalah Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp6.000 untuk mobil. Di sini tersedia berbagai wahana menarik, kolam buatan, serta spot-spot foto yang indah.

Baca juga:  11 Daftar Tempat Wisata Populer di Bengkulu 

Pantai Ketawang

Ada juga Pantai Ketawang, yang terletak di Purworejo, Jawa Tengah, menawarkan pesona pasir putih yang luas dan air laut yang bening. Pantai ini di kelilingi oleh bukit dan sawah yang memperindah panorama alamnya.

Untuk mengunjungi Pantai Ketawang, pengunjung perlu membayar tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang. Biaya parkir juga tersedia dengan tarif Rp3.000 untuk sepeda motor dan Rp5.000 untuk mobil. Pantai ini buka setiap hari dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Gunung Kunir Benowo

Gunung Kunir Benowo, yang terletak di Purworejo, Jawa Tengah, mencapai ketinggian sekitar 1.756 meter di atas permukaan laut dan terkenal akan keindahan alamnya yang memukau.

Untuk mendaki Gunung Kunir Benowo, pengunjung perlu membayar tiket masuk sekitar Rp10.000 per orang. Selain itu, terdapat juga biaya parkir yang berkisar antara Rp2.000 hingga Rp5.000, tergantung pada jenis kendaraan yang digunakan. Selain biaya tiket masuk, pengunjung juga perlu membayar biaya pendakian sesuai dengan jalur yang dipilih, seperti jalur Cepit, Birowo, atau Kaliadem, dengan biaya berkisar antara Rp5.000 hingga Rp10.000 per orang untuk jalur-jalur tersebut.

Goa Seplawan

Selanjutnya Goa Seplawan, yang terletak di Pegunungan Menoreh, tepatnya di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, berbatasan langsung dengan Kulon Progo, Yogyakarta. Goa ini menawarkan pengalaman eksplorasi yang aman bagi para pencinta alam dengan aliran air yang mengalir di dalamnya.

Sebelum memasuki goa, pengunjung di sambut dengan patung emas setinggi tiga meter yang merupakan replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati. Selain itu, wisata Goa Seplawan juga menawarkan panorama pegunungan dari bukit-bukit di sekitarnya. Terdapat pula gardu pandang berupa joglo yang menyajikan pemandangan indah Pegunungan Menoreh, Kota Magelang, dan Yogyakarta. Pada hari cerah, pengunjung bahkan dapat melihat lima gunung sekaligus, termasuk Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Populer di Magelang 

Benteng Pendem

Benteng Pendem menonjolkan nilai sejarah dan keindahan arsitektur bangunannya sebagai daya tarik utama. Pengunjung dapat menjelajahi area sekitar benteng untuk menikmati pemandangan sejarah yang terjaga dengan baik. Di dalam kompleks benteng juga terdapat museum yang memungkinkan pengunjung untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Benteng Pendem.

Untuk masuk ke Benteng Pendem, pengunjung di haruskan membayar tiket masuk sekitar Rp5.000 per orang, dengan harga yang dapat berubah mengikuti kebijakan pengelola. Benteng Pendem buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.

Hutan Pinus Kalilo

Hutan Pinus Kalilo merupakan destinasi wisata yang baru di resmikan pada pertengahan tahun 2017 dan sempat viral berkat unggahan foto-foto indah pengunjung di media sosial. Di sini, pengunjung dapat menemukan berbagai spot foto menarik yang menampilkan keindahan hutan pinus Kalilo serta deck untuk selfie.

Kunjungan ke Hutan Pinus Kalilo tidak perlu khawatir kelaparan karena terdapat beberapa warung makanan, serta lahan parkir yang luas dan toilet umum tersedia untuk kenyamanan pengunjung. Saat ini, Hutan Pinus Kalilo belum menerapkan biaya tiket masuk, namun pengunjung perlu membayar biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 2.000. Jam operasionalnya dimulai dari pukul 05.00 hingga 17.00 WIB.

Taman Sidandang

Taman Sidandang, sebuah tempat wisata di Purworejo, menawarkan pengalaman berendam di kolam alami dengan air yang sejuk, yang pastinya akan sangat menyenangkan. Terletak di Kaligono, Kaligesing, Taman Sidandang merupakan pilihan yang menarik.

Tempat ini terletak di kawasan pegunungan Menoreh, sehingga sebelum menikmati kolam dengan suasana alami, pengunjung harus melewati jalan menanjak untuk mencapai destinasi ini. Selain kolam alami, Taman Sidandang juga menawarkan daya tarik lain seperti air terjun, taman dengan berbagai jenis tumbuhan, dan warung kuliner yang menggugah selera.

Baca juga:  12 Daftar Tempat Wisata Populer di Banyuwangi

Curug Kaliurip Kemiri

Curug Kaliurip Kemiri terletak di Desa Kaliurip, Kecamatan Kemiri. Meskipun aliran airnya tidak deras, gemericik air yang terlihat menenangkan membuat pengunjung sering menghabiskan waktu di sini. Selain menikmati keindahan curug, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan menakjubkan di sepanjang tebing sebelah kanan dan kiri air terjun. Suasana ini seringkali membuat pengunjung terbuai dan melupakan waktu.

Nah Curug ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dengan kedalaman air mencapai delapan meter di dasar sungai. Tempat ini baru-baru ini di resmikan oleh Bupati Purworejo H Agus Bastian dengan harapan dapat meningkatkan kunjungan wisata di Purworejo.

Pantai Pasir Puncu

Ada Pantai Pasir Puncu lagi, yang terletak di Purworejo, Jawa Tengah, terkenal dengan pasir putihnya yang bersih, air laut yang jernih, dan pemandangan alam yang menakjubkan. Destinasi wisata ini sangat populer di kalangan pengunjung dari berbagai daerah.

Untuk memasuki Pantai Pasir Puncu, pengunjung harus membayar tiket masuk sekitar Rp10.000 per orang, dengan harga yang dapat berubah sesuai kebijakan pengelola. Pantai ini buka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga 18.00 WIB.

Bukit Sikepel

Terakhir, Bukit Sikepel di Desa Kembang Kidul, Purworejo, direkomendasikan sebagai destinasi wisata ramah anak yang Instagramable untuk liburan keluarga. Tempat ini menawarkan pengalaman wisata alam yang modern dan menyenangkan, dengan konsep yang murah dan nyaman. Daya tarik utama Bukit Sikepel terletak pada hutan pinus yang menyajikan berbagai wahana wisata, termasuk spot-spot foto yang trendy.

Bukit Sikepel menjadi pilihan ideal bagi keluarga yang ingin menikmati liburan dengan suasana yang menyenangkan dan edukatif. Terutama dalam hal pelestarian lingkungan alam.

Secara keseluruhan, Purworejo menawarkan beragam destinasi wisata menarik,  mulai dari pantai-pantai dengan pasir putihnya. Hingga gunung-gunung dengan panorama alam yang menakjubkan