Daftar Tempat Wisata di Klaten – Jika kamu sedang mencari destinasi wisata alam di Klaten, ada beberapa pilihan menarik yang bisa kamu kunjungi. Klaten, sebagai bagian dari Provinsi Jawa Tengah, terkenal dengan pesona wisata airnya yang memukau. Salah satu ciri khasnya adalah keberadaan umbul atau sumber mata air alami yang masih sangat terjaga. Daerah ini terkenal dengan kolam renang alami yang airnya sangat jernih dan menyegarkan.

Beberapa destinasi populer di Klaten termasuk umbul Ponggok, yang dikenal dengan keindahan alamnya dan kejernihan airnya yang menarik banyak pengunjung. Selain itu, terdapat juga umbul Tirtosari yang menawarkan suasana tenang dengan panorama alam yang mempesona. Bagi yang suka petualangan, Umbul Jolotundo menjadi pilihan yang tepat dengan aliran air yang segar dan suasana yang masih alami.

Klaten juga menawarkan pengalaman unik untuk menikmati keindahan alam Jawa Tengah dengan fasilitas yang nyaman dan akses yang mudah dijangkau. Ingin tahu lebih detail? Baca ulasan lengkapnya di bawah ini!

10 Daftar Tempat Wisata di Klaten

Umbul Ponggok

Pertama Umbul Ponggok, merupakan salah satu destinasi wisata air terkenal di Klaten yang menjadi ikon bagi pengunjung. Tempat ini terkenal dengan umbulnya yang menyajikan spot-spot foto yang Instagramable di dalam air, serta berbagai wahana menarik. Keunikan Umbul Ponggok terletak pada dasar kolamnya yang berupa pasir dan dikelilingi oleh berbagai jenis ikan. Meskipun kolam dipenuhi ikan, airnya tetap bersih dan tidak berbau amis karena terus mengalir.

Pengunjung yang masuk ke dalam kolam dapat menemukan beberapa properti foto menarik seperti motor klasik C70, sepeda onthel, meja makan, kursi santai, televisi, bahkan laptop. Selain berfoto dengan ikan dan berbagai properti tersebut, pengunjung juga dapat melakukan snorkeling dan diving di Umbul Ponggok. Lokasinya terletak di Jalan Delanggu-Polanharjo, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Baca juga:  18 Tempat Wisata Populer di Jogja Teristimewa

The Honduras Park

The Honduras Park, yang terletak di area Umbul Ponggok, merupakan sebuah waterpark dengan berbagai wahana permainan menarik untuk semua kalangan, baik anak-anak maupun dewasa. Tempat ini menawarkan fasilitas lengkap yang membuatnya sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dengan suasana yang cocok untuk wisata bersama keluarga, pasangan, atau teman-teman, The Honduras Park menjadi destinasi yang populer di Klaten.

Alamat The Honduras Park berada di Jl. Raya, Area Kebun/Swah, Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat ini menawarkan pengalaman rekreasi yang menyenangkan dengan beragam wahana permainan air yang seru dan area yang nyaman untuk beristirahat.

Jembatan Gantung Girpasang

Selanjutnya ada Jembatan gantung Girpasang, merupakan objek wisata terbaru yang terletak di Dusun Girpasang, Desa Tegalmulyo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten. Dibuka resmi pada Januari 2022, jembatan ini menawarkan pengalaman unik bagi pengunjung dengan menyeberanginya dan naik gondola yang menghubungkan Dusun Beringin dan Dusun Girpasang.

Selain menikmati panorama alam dari ketinggian, pengunjung dapat melihat siluet Gunung Merapi dan merasakan sensasi suasana di selimuti kabut. Jembatan gantung Girpasang memiliki panjang 120 meter dan terletak di ketinggian 150 meter. Harga tiket masuk ke tempat wisata ini di mulai dari Rp 2.000 per orang, sedangkan untuk naik gondola, pengunjung perlu membayar mulai dari Rp 60.000 untuk empat orang.

Deles Indah

Deles Indah menawarkan panorama alam yang memukau, terletak di ketinggian sekitar 800-1.300 meter di atas permukaan laut. Pengunjung dapat menikmati keindahan puncak Gunung Merapi yang masih aktif mengeluarkan asap belerang.

Disarankan bagi wisatawan untuk mengunjungi Deles Indah pada pagi hari, ketika kabut belum menyelimuti pemandangan gunung Merapi yang memukau. Selain itu, dari tempat ini juga dapat di nikmati pemandangan indah Kota Klaten dan sekitarnya. Lokasi Deles Indah berada di Sidorejo, Kemalang, Jawa Tengah, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 dan jam operasional mulai dari pukul 06.00 hingga 18.00 WIB.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Populer di Magelang 

Umbul Sigedang

Umbul Sigedang adalah destinasi ideal bagi pengunjung yang ingin menikmati bermain air dan berenang di kolam dengan air yang jernih, berasal dari mata air alami. Di sini, terdapat kolam alami yang terletak di bawah pohon-pohon besar yang memberikan pemandangan yang indah dan udara yang segar. Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, tersedia juga kolam khusus yang aman dan menyenangkan bagi mereka.

Anda dapat menemukan Umbul Sigedang di Dusun Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat ini menjadi pilihan yang tepat untuk bersantai dan menikmati keindahan alam sambil beraktivitas di air yang tenang dan menyegarkan.

New Rivermoon

New Rivermoon adalah destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan masih terjaga kealamianya. Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan seru dan menantang seperti tubing, outbound, dan aktivitas lainnya di tempat ini.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk rombongan maupun keluarga yang ingin menikmati liburan di tengah alam yang segar dan tenang. New Rivermoon berlokasi di Kali, Pusur, Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Bukit Sidoguro

Bukit Sidoguro menjadi salah satu destinasi wisata populer di Klaten dengan daya tarik utama berupa monumen pohon yang menyerupai Supertree Grove di Gardens by The Bay Singapura, seperti yang dilaporkan oleh Kompas.com (8/8/2020). Selain empat replika Supertree Grove, pengunjung juga dapat menemukan gardu pandang di tempat ini. Dari gardu pandang tersebut, pengunjung dapat menikmati panorama perbukitan serta pemandangan Rowo Jombor. Bukit Sidoguro juga menawarkan spot-spot foto Instagramable yang menarik untuk diabadikan.

Anda dapat menemukan Bukit Sidoguro di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Tempat ini menjadi destinasi yang cocok untuk menikmati keindahan alam sambil berfoto dan menikmati panorama yang menakjubkan.

Agrowisata Gondang Winangoen

Agrowisata Gondang Winangoen menawarkan berbagai wahana dan objek wisata menarik dengan sentuhan nuansa historis. Di tempat ini, pengunjung dapat menikmati water park, water slide, flying fox, kids zone, jembatan gantung, adventure area, agro therapy, hingga wall climbing.

Baca juga:  10 Daftar Tempat Wisata Populer di Kebumen 

Suasananya yang sejuk di penuhi dengan pepohonan dan rumput hijau, menjadikan Agrowisata Gondang Winangoen sebagai tempat yang ideal untuk bersantai dan beraktivitas. Menurut informasi dari akun Instagram Agrowisata Gondang Winangoen, destinasi ini juga pernah menjadi lokasi pengambilan gambar untuk film Rudy Habibie. Lokasi Agrowisata Gondang Winangoen berada di Jalan Solo-Jogja, Plawikan, Jogonalan, Kabupaten Klaten. Harga tiket masuknya terjangkau, yaitu Rp 5.000, dengan jam operasional mulai dari pukul 07.00 hingga 15.00 WIB.

Di Sungai Pusur

Di Sungai Pusur, para pengunjung dapat menikmati kegiatan riverboarding yang menarik. Sungai ini melintasi tiga desa di Kecamatan Tulung dan Kecamatan Polanharjo dengan jalur sepanjang 10 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar tiga jam.

Arus sungainya bervariasi, mulai dari yang mengalir deras dengan jeram hingga yang lebih pelan. Arus ini dapat menjadi lebih deras saat debit air meningkat selama musim hujan. Setiap pengarungan riverboarding akan di dampingi oleh dua orang operator untuk memastikan keselamatan pengunjung.

Tempat ini terletak di Desa Kali Pusur, Kecamatan Polanharjo, Klaten, dengan harga tiket masuk sebesar Rp 150.000 dan jam operasional dari pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

Candi Plaosan

Candi Plaosan adalah sebuah bangunan bersejarah yang menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional karena keindahannya yang megah dan elok. Terletak di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, candi ini menjadi tujuan wisata sekaligus pembelajaran tentang kejayaan kerajaan zaman dahulu. Lokasinya yang strategis memudahkan pengunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi saat berkunjung.

Selain keindahan arsitektur dan sejarahnya, Candi Plaosan juga terkenal karena sering menjadi lokasi festival candi kembar yang diadakan setahun sekali. Meskipun tidak berada di saat festival, pengunjung tetap dapat menikmati panorama yang menakjubkan, dengan sawah yang mengelilingi candi, menciptakan pemandangan yang memukau. Lokasi Candi Plaosan dapat ditemukan di Jalan Candi Plaosan, Plaosan Lor, Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.