Varian Mobil Elf – Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short adalah dua varian yang populer dalam keluarga kendaraan niaga Isuzu Elf. Perbedaan utama antara keduanya terletak pada panjang badan kendaraan. Mobil Elf Long memiliki badan yang lebih panjang daripada versi Short, yang mempengaruhi kapasitas muatan dan jumlah penumpang yang dapat diangkut.

Dalam memilih antara Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short, penting untuk mempertimbangkan kebutuhan dan kegunaan kendaraan tersebut. Apakah Anda membutuhkan kapasitas muatan besar atau prioritaskan kemudahan manuver di jalanan perkotaan? Dengan memahami perbedaan antara keduanya, Anda dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan kebutuhan atau keperluan pribadi Anda. Selengkapnya berikut ini ulasan perbandingan Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short.

Perbandingan Varian Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short

Ada dua jenis varian yang populer dalam keluarga kendaraan niaga Isuzu Elf, yaitu Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short. Memilih antara keduanya mungkin membingungkan, tetapi Anda dapat memahami perbedaan mendasar dari kedua varian tersebut sebelum membuat keputusan. Berikut adalah beberapa perbedaan yang perlu Anda ketahui antara Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short:

Eksterior

Ketika memilih antara Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short untuk perjalanan jauh atau tur wisata di Jogja, perbedaan dalam desain eksterior mungkin tampak hampir sama. Namun, perbedaan yang signifikan dapat terlihat dalam dimensi mobil, terutama jika diproduksi oleh karoseri yang berbeda.

Perbedaan yang paling mencolok antara Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short terletak pada dimensi eksteriornya. Mobil Elf Long, yang mampu mengangkut hingga 20 penumpang, memiliki dimensi yang lebih panjang dibandingkan dengan Mobil Elf Short. Meskipun keduanya memiliki desain eksterior yang sederhana, namun terasa modern.

Baca juga:  Komponen-Komponen AC Mobil Elf dan Biaya Perbaikannya

Interior

Mobil Isuzu Elf memiliki perbedaan yang signifikan dalam desain interior antara varian Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short. Mobil Elf Long menyediakan kursi untuk sekitar 16-19 penumpang, sedangkan Mobil Elf Short memiliki kapasitas kursi sekitar 13-15 orang. Meskipun demikian, keduanya tetap menjadi pilihan yang relevan untuk dijadikan armada travel, baik untuk wisata maupun perjalanan umroh.

Interior keduanya umumnya di dominasi oleh warna abu-abu dan cream, memberikan kesan modern dan futuristik. Model kursi yang digunakan adalah model lux alldila, sementara plafon hadir dalam model ducting dan aluminium.

Mobil ini juga lengkap dengan penerangan kabin tipe LED untuk mengurangi konsumsi bahan bakar, sehingga lebih hemat. Karpet lantai LG digunakan sebagai alas di bagian bawah mobil. Fitur-fitur unggulan lainnya meliputi rel bangku aluminium, variasi tempat minum, dan deck pintu ABS.

Di sepanjang deret kursi, termasuk di belakang supir, tersedia tempat khusus untuk makan dan minum, memudahkan penumpang untuk menikmati santapan mereka selama perjalanan. Fitur-fitur fungsional seperti ini memberikan kenyamanan ekstra kepada penumpang.

Selain itu, terdapat sistem pendingin ruangan yang mencakup seluruh kursi, termasuk yang paling belakang, serta kaca pembatas geser dengan pilihan warna abu-abu atau hitam.

Untuk hiburan, mobil ini lengkap dengan panel layar sentuh yang terhubung dengan DVD player, speaker subwoofer, dan power. Perbedaan dalam desain interior antara Mobil Elf Long dan Mobil Elf Short terletak pada jumlah kursi penumpang. Fitur-fitur tambahan juga tersedia berdasarkan permintaan pembeli, mengingat mobil ini dirakit oleh karoseri lokal. Namun, fitur tambahan biasanya akan dikenakan biaya tambahan.

Performa Mesin

Dari segi performa, baik Elf Long maupun Elf Short menawarkan kinerja mesin yang sangat baik. Isuzu tidak mengesampingkan salah satunya dalam hal ini, karena keduanya menggunakan mesin tipe 4JB1-TC.

Baca juga:  Toyota Hiace 2021, Spesifikasi dan Harganya Terkini

Dengan kapasitas mesin 2700 cc, Elf mampu menghasilkan tenaga minimum 100 PS per 3.400 rpm, dengan torsi maksimal mencapai 22,5 kgm. Angka ini menunjukkan kekuatan dan keandalan yang memadai untuk mengatasi berbagai medan, dari jalanan berliku, menanjak, hingga kondisi jalan yang sulit.

Isuzu Elf menjadi pilihan banyak masyarakat sebagai teman perjalanan karena performa yang tangguh. Tangki bahan bakarnya mampu menampung hingga 75 liter jenis solar, mengurangi frekuensi pengisian bahan bakar.

Dengan teknologi direct injection, Isuzu Elf menjadi lebih hemat bahan bakar, memberikan keuntungan ekstra bagi pengguna. Suspensinya yang mantap juga memastikan kenyamanan selama perjalanan, bahkan di jalanan yang tidak rata. Meskipun memiliki kapasitas yang besar, kenyamanan menjadi salah satu daya tarik utama dari Isuzu Elf.

Kapasitas Mobil Elf

Mobil Elf Short dan Elf Long memiliki perbedaan yang jelas dalam hal dimensi atau panjang kendaraan, yang mempengaruhi kapasitas atau daya tampung keduanya dan membutuhkan sasis yang berbeda.

Elf Long memiliki dimensi panjang 6170 mm, lebar 1835 mm, dan tinggi 2170 mm dengan kapasitas penumpang hingga 19 orang. Pintu penumpang tersedia dua, memungkinkan akses yang luas bagi penumpang dan barang bawaan.

Sementara itu, Elf Short memiliki dimensi lebih kecil dengan panjang 4590 mm, lebar 1695 mm, dan tinggi 2170 mm. Kapasitas penumpangnya terbatas hingga 15 orang dengan hanya satu pintu penumpang di barisan bangku ke-3.

Meskipun kapasitas penumpangnya berbeda, jarak antar seat cukup luas untuk kenyamanan setiap penumpang. Kursi yang terbuat dari bahan berkualitas tinggi menjaga kenyamanan selama perjalanan, sementara kapasitas bagasi yang luas memungkinkan penggunaan untuk berbagai keperluan, mulai dari liburan hingga acara khusus seperti pernikahan.

Baca juga:  Spesifikasi Toyota Hiace Commuter, Populer Di Pasar Otomotif

Secara keseluruhan, perbandingan antara Mobil Elf Long dan Elf Short menunjukkan perbedaan yang signifikan, baik dari segi dimensi, kapasitas penumpang, maupun performa mesin. Mobil Elf Long memiliki dimensi yang lebih besar dan mampu menampung lebih banyak penumpang, sementara Elf Short memiliki dimensi yang lebih kecil dengan kapasitas penumpang yang lebih terbatas.

Meskipun demikian, keduanya menawarkan performa mesin yang tangguh dan handal, cocok untuk berbagai medan perjalanan. Dengan fitur-fitur yang fungsional dan kenyamanan yang terjamin, baik Elf Long maupun Elf Short menjadi pilihan yang populer bagi masyarakat sebagai kendaraan transportasi dalam berbagai keperluan, termasuk wisata, bisnis, dan lainnya.