Gunung Bromo Malang – Gunung Bromo di Jawa Timur adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia yang sering menjadi perbincangan. Sebagai satu-satunya gunung berapi aktif di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Gunung Bromo menawarkan pemandangan dan atmosfer yang memukau dengan hamparan kawah yang luas serta kabut yang menyejukkan. Dikelilingi oleh padang pasir yang luas dan bukit-bukit yang mudah didaki, suhu di puncak gunung yang dingin dan sejuk membuat tempat ini menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan.

Dengan area wisata seluas 800 kilometer persegi, Gunung Bromo menawarkan lebih dari sekadar foto-foto menarik. Keindahan alamnya dan beragam spot favoritnya menjadi alasan mengapa tempat ini sangat populer. Jika Anda berencana mengunjungi Gunung Bromo, pastikan untuk mengeksplor berbagai spot berikut ini.

Alasan Gunung Bromo Malang Sangat Populer

Gunung Bromo sangat populer sebagai destinasi wisata karena beberapa alasan utama:

Pertama Gunung Bromo mempunyai pemandangan alam yang memukau, dengan hamparan pasir kuning yang luas dan kawah aktif. Pemandangan dari puncak Penanjakan, dengan latar gunung-gunung di sekitarnya, sangat indah dan mempesona.

Selanjutnya lokasi Gunung Bromo yang strategis memudahkan akses dari kota-kota besar di Jawa Timur seperti Surabaya dan Malang. Pengunjung bisa mencapai gunung ini menggunakan berbagai jenis transportasi seperti mobil, bus, atau motor.B

Gunung Bromo juga menyediakan berbagai aktivitas menarik seperti trekking, bersepeda, dan berkemah. Selain itu, Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru mempunyai pemandangan alam yang indah dan beragam satwa liar.

Baca juga:  Pantai Parang Dowo, Indah dengan Laguna Disepanjang Pesisirnya

Di Bromo juga bagian penting dalam tradisi suku Tengger di sekitarnya, yang menyelenggarakan upacara Kasodo setiap tahun. Upacara ini menarik banyak pengunjung yang ingin menyaksikan tradisi unik dan budaya lokal.

Destinasi ini juga memudahkan pengunjung yang datang dalam rombongan dengan banyak pilihan penginapan, transportasi, dan operator tur yang siap melayani.

Spot-Spot Populer di Gunung Bromo Malang

Berbagai aktivitas menarik dapat dilakukan saat berkunjung ke Gunung Bromo. Berikut beberapa spot seru yang wajib dicoba.

Pasir Berbisik

Pertama, sebelum mencapai kawah Gunung Bromo, pengunjung akan menemui pasir luas yang dikenal sebagai pasir berbisik. Area ini menyediakan ruang yang cukup besar untuk pengunjung berfoto dan menikmati pemandangan.

Selain itu, di pasir berbisik ini, terdapat berbagai aktivitas seru seperti mengendarai motor trail, menaiki kuda, dan kegiatan lainnya yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Lokasinya terletak di sebelah timur puncak Gunung Bromo.

Bukit Teletubbies

Selanjutnya Bukit Teletubbies di Bromo, salah satu destinasi favorit wisatawan. Tempat ini menawarkan pemandangan gunung Bromo yang menakjubkan dengan deretan bukit hijau yang indah, menjadikannya spot foto yang sangat menarik.

Bukit ini dipenuhi oleh rerumputan hijau yang terjaga rapi dan tampak sangat cantik. Saat mengunjungi kawasan Bromo Tengger, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Bukit Teletubbies.

Kawah Bromo

Tempat wisata selanjutnya di Bromo adalah kawah Bromo itu sendiri, yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Untuk mencapainya, pengunjung hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkir.

Bagi yang tidak ingin berjalan kaki, tersedia opsi menyewa kuda. Nah, sesampainya di area kawah, pengunjung harus menaiki anak tangga untuk mencapai puncak dan menikmati keindahan kawah Bromo.

Padang Rumput Savana

Ada juga Padang Rumput Savana Bromo terletak di sebelah selatan timur Gunung Bromo, berada dalam lembah hijau yang dikelilingi tebing-tebing tinggi dan beberapa punggungan gunung kecil.

Baca juga:  Pantai Balekambang: Pantai Dengan Jembatan Estetik di Malang

Tempat ini menawarkan pemandangan yang kontras dengan Lautan Pasir yang gersang, karena saat memasuki padang rumput ini, Anda akan disuguhkan pemandangan hijau yang menawan, dikelilingi bukit-bukit yang menambah keindahan tempat wisata. Terletak di Lembah Jemplang, akses termudah ke sini bisa menggunakan kendaraan biasa atau sepeda motor dari Malang atau Lumajang.

B 29 Argosari Gunung Bromo Malang

B 29 Argosari adalah salah satu tempat camping favorit di Bromo, meskipun masih relatif asing bagi banyak pengunjung. Tempat ini terletak di puncak tertinggi kawasan Wisata Gunung Bromo, bahkan lebih tinggi dari Penanjakan 1.

Dengan udara dingin dan pemandangan yang sangat indah, serta hamparan tumbuhan khas dataran tinggi, kawasan ini sangat layak untuk dikunjungi. Lokasinya berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, sekitar 40 km dari Kota Lumajang. Akses termudah menuju B 29 adalah melalui Senduro, Lumajang, di jalur selatan.

Itulah beberapa tempat menarik yang bisa Anda kunjungi saat berlibur ke Gunung Bromo. Masih banyak spot menarik lainnya yang menarik.  Tertarik untuk merencanakan liburan ke sana dalam waktu dekat?