Gumuk Pasir Parangkusumo: Yogyakarta, sebuah kota dengan kekayaan budaya dan alam yang luar biasa di Indonesia. Menyimpan sebuah permata alami yang menakjubkan yang dikenal sebagai Gumuk Pasir ini. Terletak di pesisir selatan Yogyakarta, Gumuk Pasir ini bukan hanya sekedar gundukan pasir biasa. Tetapi juga sebuah destinasi wisata yang menarik minat ribuan pengunjung setiap tahunnya.

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keindahan dan keunikan dari Gumuk Pasir Parangkusumo yang memikat hati dan jiwa.

Sejarah dan Asal Usul Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki sejarah dan asal usul yang kaya. Menurut legenda lokal, pasir ini adalah bekas sisa perjuangan dari Prabu Brawijaya, seorang raja Mataram kuno, dan prajuritnya yang terlibat dalam pertempuran sengit. Namun, secara ilmiah, gumuk pasir ini terbentuk oleh proses alami selama ribuan tahun, yang dipengaruhi oleh pola angin dan erosi.

Gumuk Pasir ini memiliki karakteristik fisik yang menarik. Dibandingkan dengan gundukan pasir lainnya. Gumuk pasir ini memiliki ketinggian yang bervariasi, dengan beberapa gundukan mencapai ketinggian lebih dari 30 meter. Permukaannya yang berombak dan lembut menciptakan pemandangan yang memukau. Terutama saat matahari terbenam yang menciptakan bayangan yang mempesona di atas pasir.

Ekosistem yang Unik

Meskipun berada di lingkungan yang keras, Gumuk Pasir Parangkusumo mendukung ekosistem yang unik. Beberapa tumbuhan, seperti semak padang pasir dan rumput kecil. Dapat ditemukan tumbuh di antara gundukan pasir. Selain itu, beberapa jenis reptil dan serangga telah beradaptasi dengan kondisi kering dan berpasir, menambah kekayaan biologis tempat ini.

Baca juga:  The Lost World Castle Merapi, Bangunan yang Megah

Rekomendasi Paket Wisata di Gumuk Pasir Parangkusumo by Heppi Trip

Berikut ini beberapa rekomendasi paket wisata dengan tujuan Gumuk Pasir Parangkusumo yang tersedia di Heppi Trip.

Paket Honeymoon Memorable 3D2N

Paket Wisata Happy Holiday 4D3N

Paket Wisata Nature Stories 3D2N

Paket Wisata Enjoyable 2D1N