Elf Long adalah jenis mobil yang terkenal digunakan untuk mengangkut banyak orang sekaligus. Mobil ini memiliki nama yang unik, “Elf”, yang membuatnya mudah dikenali. Meskipun namanya lucu, mobil ini sangat punya peran penting, yaitu membawa penumpang dengan aman dan nyaman.

Elf Long memiliki bentuk yang agak panjang, seperti bus kecil. Hal ini memungkinkannya untuk menampung banyak penumpang dalam satu perjalanan. Tidak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat perjalanan jadi lebih menyenangkan.  Seperti kursi yang nyaman dan ruang kaki yang luas.

Kelebihan lain dari mobil ini adalah kemampuannya untuk mengatasi perjalanan jarak jauh dengan baik. Mesinnya yang tangguh dan bahan bakarnya yang irit membuatnya menjadi pilihan yang cocok untuk perjalanan panjang. Nah mari kenali mobil Elf Long ini dan tips memaksimalkan kapasitas ruangnya.

Mengenal Isuzu Elf Long 19 Seat

Isuzu merupakan salah satu merek otomotif yang cukup terkenal di Indonesia. Dengan moto “Rajanya Diesel,” Isuzu menghadirkan kendaraan dengan mesin diesel yang terkenal akan kekuatannya dan hemat bahan bakarnya.

Karena itulah, Isuzu memasuki pasar Indonesia dengan menghadirkan beragam kendaraan bertenaga yang umumnya digunakan dalam truk dan bus.

Salah satu model Isuzu yang sangat di minati di Indonesia adalah Isuzu Elf long 19 seater, sebuah microbus dengan kapasitas penumpang 19 orang.

Isuzu Elf long 19 seater sering di gunakan untuk berbagai keperluan, seperti pariwisata, konvoi pengantin, atau perjalanan jarak jauh. Mesinnya yang bertenaga 2.700 cc dengan output tenaga mencapai 100 Ps menjadikannya cocok untuk membawa beban penumpang yang besar.

Baca juga:  Toyota Hiace 2021, Spesifikasi dan Harganya Terkini

Dengan performa yang tangguh, hemat bahan bakar, dan fasilitas lengkap, Isuzu Elf long 19 seater menjadi pilihan yang tepat untuk kendaraan sewa yang melibatkan banyak orang.

Sekilas Tentang Elf Long

Dengan kemampuan menampung 19 penumpang dalam satu perjalanan, Isuzu Elf long 19 seater memiliki ukuran yang cukup besar. Panjangnya mencapai 5.550 mm dengan lebar 2.095 mm dan tinggi 1.695 mm.

Meskipun dapat mengangkut banyak penumpang, dimensi Isuzu Elf long 19 seater hanya sedikit berbeda jika dibandingkan dengan mobil yang hanya mampu menampung 7 orang.

Untuk tambahan informasi, Isuzu Elf long 19 seater memiliki jarak sumbu roda sebesar 3.405 mm dengan jarak pijak depan dan belakang masing-masing 1.395 mm.

Kapasitas Elf Long

Salah satu kelebihan utama dari Isuzu Elf long 19 seater adalah jumlah kursinya yang besar, yaitu 19 seat yang mampu menampung hingga 19 orang. Isuzu Elf long terdiri dari 6 baris kursi dengan susunan 2 penumpang di depan bersama sopir, dan diikuti oleh susunan 3-3-4-3-3-4 untuk kursi-kursi di belakangnya. Sehingga, total terdapat 20 kursi dengan 1 sopir dan 19 penumpang.

Karena itu, Isuzu Elf long 19 seater sangat sesuai untuk disewa dalam perjalanan wisata bersama keluarga, rekan kerja, atau keperluan lain yang melibatkan banyak orang. Jarak antar kursinya juga cukup lapang dan nyaman, menghindarkan penumpang dari terlalu berdempetan.

Isuzu Elf long 19 seater di lengkapi dengan 4 pintu sebagai akses keluar masuk penumpang. Detailnya, 1 pintu terletak di bagian depan sebelah kanan untuk sopir, dan 3 pintu di sebelah kiri, dengan 1 pintu di bagian depan, tengah, dan belakang. Dengan demikian, kapasitasnya adalah 20 seat (19 seat penumpang + 1 sopir), dengan susunan seat 3-3-4-3-3-4, dan total 4 pintu.

Baca juga:  Sejarah Hiace, Lengkap Sejak Awal Kehadirannya

Tips Memaksimalkan kapasitas Elf Long

Efisienkan Penataan Kursi

Penyusunan kursi yang efisien sangat penting dalam memaksimalkan kapasitas mobil ini. Pastikan untuk menyusun kursi dengan rapi sesuai dengan jumlah penumpang yang akan di angkut.

Gunakan susunan kursi yang memungkinkan penumpang duduk dengan nyaman tanpa mengorbankan faktor keamanan. Misalnya, pastikan bahwa setiap penumpang memiliki akses ke sabuk pengaman dan tidak ada kursi yang menghalangi jalur keluar darurat.

Dengan cara ini, penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman dan aman tanpa merasa sesak.

Optimalkan Penggunaan Ruang

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang di dalam mobil ini, penting untuk mengoptimalkan setiap ruang yang tersedia dengan bijak.

Manfaatkan area bagasi dan laci penyimpanan untuk menyimpan barang bawaan penumpang atau peralatan lainnya dengan cerdas. Susun barang-barang tersebut secara teratur dan pastikan untuk tidak membiarkan ruang yang kosong tidak terpakai.

Dengan cara ini, penumpang akan memiliki lebih banyak ruang untuk duduk dan merasa lebih nyaman selama perjalanan, sementara barang bawaan tetap tersimpan dengan rapi dan teratur.

Kurangi Beban Tambahan

Untuk meningkatkan ruang dan kenyamanan di dalam mobil ini, hindari membawa beban yang tidak perlu. Semakin ringan beban yang dibawa, semakin banyak ruang yang tersedia untuk penumpang.

Pertimbangkan untuk hanya membawa barang-barang penting. Dan hindari membawa barang-barang yang tidak diperlukan selama perjalanan.

Dengan cara ini, penumpang dapat menikmati lebih banyak ruang untuk duduk dan bergerak di dalam mobil, sehingga membuat perjalanan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Pertimbangkan Kapasitas Kargo

Ketika merencanakan penggunaan mobil Elf Long, penting untuk mempertimbangkan kapasitas kargo mobil. Sesuaikan jumlah penumpang dengan kapasitas kargo yang tersedia. Hal ini untuk memastikan bahwa tidak ada barang bawaan yang menghalangi ruang untuk penumpang.

Baca juga:  Kelebihan dan Keunggulan Mobil Elf: Kenali Sebelum Membeli

Pastikan bahwa barang-barang yang di bawa tidak melebihi kapasitas kargo mobil. Dan disusun dengan rapi agar tidak mengganggu kenyamanan penumpang.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa semua penumpang dapat duduk dengan nyaman dan memiliki ruang yang cukup selama perjalanan.

Perawatan Rutin

Melakukan perawatan rutin pada mobil ini sangat penting untuk memastikan kinerja maksimal. Kendaraan yang terawat dengan baik cenderung lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar.  Dan juga mampu mengangkut penumpang dengan lebih nyaman.

Pastikan untuk melakukan servis rutin sesuai dengan jadwal yang di tentukan oleh produsen. Termasuk perawatan mesin, sistem kelistrikan, sistem rem, dan komponen lainnya. Selain itu, perhatikan juga kondisi ban, oli, dan cairan lainnya secara berkala.

Dengan melakukan perawatan secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa mobil Elf Long tetap dalam kondisi optimal dan siap untuk menjalankan tugasnya dengan baik, baik untuk perjalanan jarak dekat maupun jarak jauh.