Desa Sasak Sade, terletak di Pulau Lombok, Indonesia, adalah sebuah tempat yang memikat dengan keindahan alamnya yang memukau dan kekayaan budaya yang mendalam. Terletak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Lombok. Desa ini menawarkan pengalaman yang unik bagi para pengunjung yang ingin memahami kehidupan tradisional Sasak, salah satu suku terbesar di Lombok.

Desa ini telah ada selama berabad-abad dan masih mempertahankan tradisi-tradisi kuno yang merupakan bagian tak terpisahkan dari identitas mereka. Sebagian besar penduduk desa ini masih hidup sesuai dengan cara hidup nenek moyang mereka. Serta menjaga warisan budaya yang kaya dengan penuh kebanggaan.

Salah satu ciri khas yang membuat Desa Sasak Sade begitu istimewa adalah rumah adat tradisionalnya, yang disebut “rumah lumbung” atau “berugak sade”. Rumah-rumah ini terbuat dari anyaman bambu dan jerami, dengan atap yang dirancang khusus untuk melindungi dari cuaca ekstrem dan gempa bumi yang sering terjadi di wilayah ini. Pengunjung dapat melihat sendiri bagaimana rumah-rumah ini dibangun dengan teknik tradisional yang telah diwarisi dari generasi ke generasi.

Di Desa ini, para pengunjung memiliki kesempatan langka untuk melihat langsung kehidupan sehari-hari masyarakat lokal. Mereka dapat mengamati proses pembuatan kain tenun tradisional Sasak, yang merupakan bagian penting dari budaya mereka. Tenunan Sasak terkenal karena pola dan warnanya yang indah, dan pengunjung dapat menyaksikan para perajin lokal bekerja dengan cermat di bawah naungan pohon-pohon rindang.

Selain itu, wisatawan juga dapat berinteraksi dengan penduduk setempat dan belajar lebih banyak tentang kehidupan mereka, termasuk tradisi, kepercayaan, dan sistem sosial yang unik. Penduduk Desa ini sangat ramah dan selalu siap untuk berbagi pengetahuan mereka dengan para pengunjung.

Desa ini juga dikenal karena komitmennya terhadap konservasi lingkungan dan pembangunan berkelanjutan. Masyarakat desa menghargai alam sekitar mereka dan berusaha untuk menjaga kelestarian lingkungan, termasuk hutan dan sumber air yang penting bagi kehidupan mereka.

Lokasi dan Rute

Lokasi Desa Sasak Sade

Desa ini terletak di Pulau Lombok, Indonesia, sekitar 17 kilometer dari pusat kota Lombok. Meskipun terletak di pedalaman, desa ini mudah diakses oleh para wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan budaya dan alam Lombok.

Baca juga:  Pantai Tanjung Aan Lombok: Suka Berselancar atau Berenang?

Transportasi Udara:

  • Jika Anda berada di luar Pulau Lombok, Anda dapat terbang ke Bandara Internasional Lombok (Bandara Praya), yang terletak sekitar 30 kilometer dari Desa Sasak Sade. Dari sana, Anda dapat menggunakan taksi atau layanan antar-jemput untuk mencapai desa.
  • Jika Anda berada di Pulau Lombok, Anda dapat menggunakan transportasi darat dari kota-kota besar seperti Mataram atau Senggigi untuk mencapai Desa ini.

Darat:

  • Opsi terbaik untuk mencapai Desa Sasak Sade adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa mobil atau sepeda motor di Pulau Lombok.
  • Dari pusat kota Lombok atau kota-kota lain di sekitarnya, Anda dapat mengikuti jalan raya utama yang mengarah ke selatan menuju Kuta Lombok dan selanjutnya ke Desa Sasak Sade.

Rute Menuju Desa Sasak

Dari Mataram atau Senggigi:

  • Ikuti jalan raya utama menuju arah selatan.
  • Ketika Anda mencapai T-junction di kota Praya, ambil arah kanan menuju kota Kuta Lombok.
  • Dari Kuta Lombok, lanjutkan perjalanan ke arah tenggara menuju Desa Sasak Sade. Tanda-tanda dan petunjuk arah akan membantu Anda mencapai tujuan.

Dari Bandara Internasional Lombok (Bandara Praya):

  • Keluar dari bandara dan ikuti tanda-tanda menuju arah selatan.
  • Setelah Anda mencapai T-junction di kota Praya, ambil arah kanan menuju kota Kuta Lombok.
  • Dari Kuta Lombok, teruskan perjalanan ke arah tenggara menuju Desa ini.

Dengan mengikuti petunjuk di atas, Anda dapat dengan mudah mencapai Desa ini dan menikmati petualangan yang menarik di salah satu destinasi terbaik di Pulau Lombok.

Harga Tiket Masuk Desa Sasak Sade

Harga tiket masuk ke Desa Sasak Sade dapat bervariasi tergantung pada kebijakan yang di berlakukan oleh pihak pengelola atau komunitas setempat. Namun, sebagai gambaran umum, harga tiket masuk biasanya relatif terjangkau. Dan di maksudkan untuk mendukung pengembangan dan pemeliharaan desa serta memberikan kontribusi kepada penduduk lokal.

Baca juga:  Bukit Merese: Pesona Alam Lombok yang Menakjubkan

Harga tiket masuk ini sering kali termasuk dalam paket wisata yang mencakup berbagai aktivitas dan atraksi di dalam desa. Seperti tur keliling desa, demonstrasi pembuatan kain tenun tradisional, dan pertunjukan tari atau musik tradisional Sasak.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat tentang harga tiket masuk saat ini, di sarankan untuk menghubungi pihak pengelola. Atau agen wisata yang terpercaya di Pulau Lombok sebelum mengunjungi Desa Sasak Sade. Ini akan membantu Anda merencanakan anggaran perjalanan dengan lebih baik dan memastikan bahwa Anda siap untuk menikmati pengalaman yang tak terlupakan di desa ini.

Jam Buka Desa

Desa Sasak Sade biasanya buka setiap hari untuk para pengunjung. Namun, jam operasionalnya mungkin sedikit berbeda tergantung pada musim atau kebijakan yang di berlakukan oleh pihak pengelola atau komunitas setempat. Sebagian besar desa wisata di Pulau Lombok biasanya buka dari pagi hingga sore hari.

Sebaiknya Anda menghubungi pihak pengelola atau agen wisata lokal sebelumnya untuk mendapatkan informasi terkini mengenai jam operasional Desa ini. Yaitu pada saat Anda berencana untuk mengunjunginya. Dengan cara ini, Anda dapat memastikan bahwa Anda mengatur rencana perjalanan Anda dengan baik. Dan dapat menyesuaikan waktu kunjungan Anda sesuai dengan jadwal operasional desa tersebut.

Aktivitas Menarik di Desa Sasak Sade

Di Desa Sasak Sade, Anda akan menemukan beragam aktivitas menarik yang memungkinkan Anda untuk merasakan kehidupan dan budaya lokal secara langsung. Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda nikmati saat mengunjungi Desa Sasak Sade:

  • Tur Desa: Nikmati tur menyelusuri desa yang dipandu oleh penduduk lokal. Mereka akan memperkenalkan Anda pada rumah tradisional Sasak, menjelaskan tentang kehidupan sehari-hari, serta cerita dan mitos yang terkait dengan desa.
  • Belajar Kain Tenun: Saksikan proses pembuatan kain tenun tradisional Sasak yang terkenal. Anda dapat melihat para perajin lokal bekerja di alam terbuka di bawah naungan pohon-pohon rindang, dan mungkin juga diajak untuk mencoba sendiri membuat kain tenun.
  • Pertunjukan Budaya: Jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan tari dan musik tradisional Sasak. Para penari lokal akan mempersembahkan tarian yang indah. Yaitu dengan menggunakan kostum tradisional dan musik tradisional Sasak yang khas.
  • Berinteraksi dengan Penduduk Lokal: Manfaatkan kesempatan untuk berbincang dengan penduduk lokal. Dan belajar lebih banyak tentang kehidupan, budaya, dan tradisi mereka. Mereka akan dengan senang hati berbagi cerita, pengetahuan, dan pengalaman mereka dengan Anda.
  • Membeli Souvenir: Jelajahi pasar kecil di Desa Sasak Sade dan temukan berbagai macam souvenir lokal seperti kain tenun, kerajinan tangan, dan barang-barang unik lainnya sebagai kenang-kenangan dari kunjungan Anda.
  • Menikmati Alam Sekitar: Selain aktivitas budaya, Anda juga dapat menikmati keindahan alam sekitar Desa Sasak Sade. Nikmati pemandangan hijau perbukitan dan sawah yang mengelilingi desa, serta udara segar pegunungan yang menyegarkan.
Baca juga:  Pantai Senggigi: Berikut Lokasi, Tiket Masuk dan Daya Tarik

Dengan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang mendalam dan tak terlupakan saat mengunjungi Desa Sasak Sade. Serta memperkaya pengetahuan Anda tentang budaya dan tradisi Sasak yang kaya.