Bali Bird Park – Bagi para penggemar burung, kunjungan ke Bali Bird Park di Gianyar, Bali, adalah suatu pengalaman yang tak boleh dilewatkan. Taman ini tidak hanya menawarkan rekreasi, tetapi juga menyediakan kesempatan untuk belajar mengenai satwa yang menarik. Di sini, terdapat berbagai jenis burung eksotis yang tinggal dan dapat berinteraksi dengan pengunjung.

Bali Bird Park menampilkan lebih dari 250 spesies burung dari berbagai belahan dunia, termasuk Sumatra, Kalimantan, Jawa, Bali, Papua, Amerika Selatan, dan Afrika Selatan. Setiap burung hidup dalam habitat yang sesuai dengan asalnya, memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat mereka makan, beraktivitas, dan berkembang biak secara alami.

Lokasi Bali Bird Park

Bali Bird Park terletak di Jalan Serma Cok Ngurah Gambir Singapadu, Batubulan, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Untuk jam operasional Bali Bird Park buka dari pukul 09.00 WITA hingga 17.30 WITA. Penukaran tiket terakhir dilayani sampai pukul 17.00 WITA.

Harga Tiket Masuk Bali Bird Park

Di setiap zona, pengunjung dapat melihat berbagai jenis burung khas dari daerah tersebut, seperti merak, kakatua, pelikan, flamingo, elang, burung hantu, dan lainnya. Selain burung, wisatawan juga bisa melihat beberapa hewan lain yang hidup berdampingan dengan burung, seperti komodo, ular, kura-kura, dan buaya.

Berikut adalah harga tiket masuk Bali Bird Park, sesuai informasi dari situs resminya balibirdpark.com:

Wisatawan Mancanegara:

  • Dewasa: Rp385.000 per orang
  • Anak-anak: Rp192.500 per orang
  • Paket Spesial (2 Dewasa 1 Anak-anak): Rp962.500
Baca juga:  Teman Joger Luwus, Memperkenalkan Oleh-Oleh Bali

Wisatawan Domestik:

  • Dewasa: Rp140.000 per orang
  • Anak-anak: Rp70.000 per orang
  • Paket Spesial (2 Dewasa 1 Anak-anak): Rp280.000

8 Zona Bali Bird Park Sesuai Asal Jenis Burung

Taman Burung Bali memiliki lebih dari 1.000 burung dari berbagai jenis yang dikelompokkan ke dalam delapan area pameran yang berbeda. Berikut adalah kedelapan area yang dapat Anda kunjungi di Bali Bird Park:

Baca juga : 10 Tempat Wisata Populer di Bali Wajib di Kunjungi

Zona Amerika Selatan

Area pertama yang dapat Anda kunjungi di Bali Bird Park adalah zona Amerika Selatan, yang memiliki banyak jenis burung beo. Burung terkenal dari Amerika Selatan seperti Makaw dan Tukan dapat dilihat di area ini. Burung-burung di sini sebagian besar berasal dari Brazil yang dikenal dengan burung eksotisnya. Selain itu, Anda juga dapat melihat burung Glossy Ibis, Scarlet Ibis, Love Bird, Purple Swamphen, dan Orange-Winged Amazon.

Zona Afrika Selatan

Berpindah sedikit dari zona Amerika Selatan, Anda akan menemukan rumah kaca yang berisi berbagai burung dari Afrika Selatan. Burung-burung di sini berasal dari Savana Afrika dan terkenal karena kemampuan meniru suara serta bulu yang indah. Jenis burung yang terkenal termasuk Bayan atau Betet Abu-abu Afrika, Kookaburra, Purple Glossy Starling, Violet Turaco, dan Hornbill. Selain itu, Anda juga dapat melihat burung Flamingo dan burung Bangau Mahkota Afrika yang cantik.

Zona Owl House

Setelah menikmati zona Afrika, saatnya mengunjungi Owl House yang berisi berbagai macam burung hantu dari Indonesia dan mancanegara. Uniknya, kandang burung hantu ini berbentuk seperti rumah tradisional suku Toraja dari Sulawesi. Anda dapat masuk dan melihat burung-burung hantu yang sedang beristirahat dengan tenang. Salah satu burung hantu terkenal di sini adalah Barred Eagle Owl atau Beluk Jampuk.

Baca juga:  Pura Ulun Danu Beratan di Bedugul: Tempat Suci di Atas Air

Zona Sumatera

Area Sumatera juga wajib di kunjungi karena banyaknya burung langka yang cantik dari Sumatera. Burung-burung di sini sebagian besar berasal dari pedalaman hutan Sumatera yang sudah sulit di temukan di tempat lain. Jenis burung terkenal termasuk Eagle Owl atau Beluk Jampuk Sumatera dan elang hitam. Anda juga dapat melihat burung rangkong, burung bubut alang-alang, burung parkit, dan burung betet hijau.

Zona Borneo

Di kawasan ini, Anda dapat merasakan dan melihat keberagaman burung dari hutan Kalimantan yang luas. Jenis burung yang dapat di lihat termasuk burung Junai Emas, Sempidan Kalimantan, Kuau Raja, dan Rangkong Badak. Anda juga dapat melihat Kelelawar Buah dan Elang Ular Bido yang semakin sulit ditemukan di alam bebas.

Zona Jawa

Di zona Jawa, Anda dapat menemukan berbagai burung cantik dengan suara merdu yang terbang bebas di balik pepohonan. Burung yang ada di sini sebagian besar sudah sulit ditemukan di alam bebas, seperti Paok Pancawarna, kacembung gadung, jalak suren, kepudang kuduk-hitam, kacer poci, takur api, dan jalak ungu. Anda juga dapat melihat burung pemangsa dari Jawa seperti elang jawa dan celepuk reban.

Zona Bali

Selain burung langka dari Jawa, Kalimantan, dan Sumatera, burung langka di Bali seperti Jalak Bali juga ada di sini. Burung Jalak Bali yang sudah terancam punah berhasil berkembang biak secara rutin di Bali Bird Park. Burung-burung di zona ini bebas terbang di dalam kandang aviary yang luas, membuatnya terasa lebih alami. Selain Jalak Bali, Anda juga dapat menemukan burung cantik lainnya seperti Delimukan Zamrud, Pergam Laut, dan Kuntul Kerbau.

Zona Papua

Zona terakhir yang tidak boleh di lewatkan adalah zona Papua, yang memiliki banyak koleksi burung eksotis khas Papua. Burung terkenal di sini termasuk burung Cendrawasih, yang dikenal sebagai bird of paradise atau burung surga karena keindahannya. Burung cantik lainnya adalah Mambruk Ubiaat atau Western Crowned Pigeon. Anda juga dapat melihat kasuari, burung raksasa yang tidak bisa terbang dan terkenal galak.

Baca juga:  Pura Agung Besakih, Rute, Sejarah, dan Harga Tiket Masuk

Itulah informasi tentang harga tiket masuk Bali Bird Park serta beberapa zona jenis burung yang dapat Anda jadikan referensi sebelum berkunjung ke tempat menarik ini.